logo

Kampus

Expo Campus 2022 Digelar, 12 Kampus Ini Jadi Peserta

Expo Campus 2022 Digelar, 12 Kampus Ini Jadi Peserta
Pemaparan materi KIP-Kuliah Kemendikbud oleh panitia Expo Campus 2022 Keluarga Mahasiswa Boyolali (KMB) Solo Raya, Senin (17/1/2022). (Eduwara.com/Dok. Istimewa Zoom)
Redaksi, Kampus17 Januari, 2022 21:58 WIB

Eduwara.com, BOYOLALI—Keluarga Mahasiswa Boyolali (KMB) Solo Raya menggelar Expo Campus 2022, Senin-Selasa (17-18/1/2022). Acara yang bertemakan Dreaming of Campus: We are Fighter to Excellent Future itu dilaksanakan secara virtual Zoom.

Ketua panitia, Inayatullah Riun Shaumiyah mengatakan acara tersebut diikuti oleh SMA/MA/SMK sederajat di Boyolali maupun Solo Raya. Selain itu juga diikuti dari sekolah di luar wilayah tersebut seperti Bandung dan Jakarta.

"Kami juga mengundang dari luar Solo Raya seperti Bandung dan Jakarta. Kemudian di acara ini kami mendatangkan 12 perguruan tinggi negeri maupun swasta dari berbagai wilayah," kata dia ketika dihubungi Eduwara.com, Senin (17/1/2022) di sela-sela acara.

Riun menjelaskan tujuan dari Expo Campus adalah memperkenalkan dan memberikan informasi masuk kampus kepada siswa kelas XII. "Acara ini bertujuan memperkenalkan berbagai kampus dari berbagai wilayah seperti Solo Raya, Semarang, bahkan Jakarta. Selain itu juga membantu adik-adik kelas XII agar tidak bingung memilih perguruan tinggi dengan menjelaskan jalur masuk maupun prodinya," jelas dia.

Adapun perguruan tinggi yang mengikuti acara itu yakni UIN Raden Mas Said Solo, STIKES Nasional, ISI Solo, IAIN Salatiga, UNNES, UI, UGM, UNS Solo, Unisri, Poltekkes Solo, UPN Jogja, dan UMS Solo.

Sosialisasi

Di hari pertama, delapan kampus diberi kesempatan menyampaian sosialisasi terkait penerimaan mahasiswa baru. Kemudian disampaikan materi mengenai beasiswa KIP-Kuliah Kemendikbud dan Kemenag oleh panitia.

Empat kampus yang lain dijadwalkan di hari kedua. Setelah itu dilanjutkan Sharing Session tentang SBMPTN bersama mahasiswa Geografi Lingkungan UGM sekaligus founder Eduaksi, Sri Utami.

Di sisi lain, Ketua KMB Solo Raya, Syahriza Figo Perdana menjelaskan sebelum pandemi Covid-19, Expo Campus diselenggarakan secara luring bersamaan dengan try-out SBMPTN.

"Karena kondisi di Boyolali belum bisa kumpul 100 persen, maka dilaksanakan secara daring. Namun, setelah ini kami ada rencana untuk expo secara luring dengan mendatangi sekolah-sekolah biar lebih paham," kata dia ketika dihubungi Eduwara.com selepas acara.

Figo berharap acara itu menjadi salah satu jalan untuk melanjutkan pendidikan guna mendukung mewujudkan generasi emas 2045.

"Salah satu penopang dalam mewujudkan generasi emas 2045 yaitu pendidikan bagi seluruh kalangan. Saya berharap acara ini bisa menjadi jalan adik-adik kelas XII untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sehingga bisa mewujudkan cita-cita dan menjadi penerus bangsa," harap dia. (K. Setia Widodo)

Editor: Riyanta

Read Next