logo

Kampus

Soal Dosennya Yang Hilang, UII Berpegang Pada Informasi Kemenlu

Soal Dosennya  Yang Hilang, UII Berpegang Pada Informasi Kemenlu
Rektor UII Yogyakarta Fathul Wahid, Senin (27/2/2023) menyatakan informasi keberadaan dan kondisi kesehatan dosen Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) hanya diketahui Kementerian Luar Negeri dan keluarga. (Eduwara/K. Setyono)
Setyono, Kampus27 Februari, 2023 17:49 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menyatakan informasi keberadaan dan kondisi kesehatan dosen Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) hanya diketahui Kementerian Luar Negeri dan keluarga.

"Informasi mengenai kondisi dan keberadaan Rafie hanya diketahui Kemenlu dan keluarga. Kalau kami yang harus disampaikan, harus ijin ke keluarga. Tapi mohon izin jangan ke rumah keluarga," ucap Rektor UII Yogyakarta Fathul Wahid, Senin (27/2/2023).

Sejak dikabarkan menghilang pada 13 Februari saat menempuh perjalanan dari Oslo ke Jakarta, tepatnua saat transit di Istanbul, Fathul mengatakan sampai saat ini pihaknya sama sekali tidak menerima ada informasi spesifik tentang sakit apa, termasuk dirawat dimana, rawat inap atau rawat jalan.

"Tidak ada informasi spesifik. Alasan berupa kesehatan, telah didiagnosa di RS, ada masalah kesehatan dan harus berobat," terangnya.

Fathul hanya menyampaikan jika Rafie terlihat sehat saat berada di Oslo dan memastikan timnya tidak sedang dalam keadaan sakit menempuh perjalanan kurang lebih 17 jam dari Indonesia menuju Norwegia.

"Terakhir ketemu di Oslo, mas Rafie masih ketawa-tawa sama saya, tidak ada sakit. Tidak mungkin kalau sakit bisa sampai di sana," jelas Fathul.

Dalam email terakhir yang dibalas oleh Rafie ke UII beberapa waktu lalu, Rafie menyebut dirinya akan menyampaikan informasi lebih lanjut.

"Kami harus menunggu kabar. Saat ini, kami sudah melakukan mitigasi, termasuk mengalihkan tanggung jawab dia sebagai wakil dekan (wadek) UII, bimbingannya kita alihkan. Pastinya, mahasiswa kita selamatkan dulu," tegasnya.

Terkait apakah istrinya sebenarnya mengetahui tentang kondisi kesehatan Rafie. Fathul menyatakan hal itu tidak disampaikan pihaknya. Dirinya mengatakan jika informasi ini sudah disampaikan, maka pihaknya tidak melaporkan sebagai orang hilang.

Saat ini menurut Fathul pihaknya tengah membentuk tim internal untuk menganalisa fakta di lapangan sebagai dasar menjatuhkan sanksi disipliner kepada Rafie.

Terkait dugaan terkait kepergian Rafie yang banyak dihubungkan dengan organisasi yang bertentangan dengan pemerintah atau terorisme?

Fathul berpegang teguh dari rilis yang dikirimkan Kemenlu yaitu terkait alasan kesehatan. Kalau nanti ditemukan alasan lain, yang pihak UII tidak tahu itu apa, maka akan diambil tindak lanjut.

Read Next