logo

Bisnis

Taman Rekreasi Sengkaling UMM Gabungkan Edukasi dan Wisata

Taman Rekreasi Sengkaling UMM Gabungkan Edukasi dan Wisata
Taman Rekreasi Sengkaling UMM dilihat dari udara. (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, Bisnis13 Maret, 2022 21:32 WIB

Eduwara.com, MALANG — Taman Rekreasi Sengkaling Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggabungkan edukasi dan wisata dalam taman rekreasinya. General Manager Taman Sengkaling UMM, Achmad Mohyi, menjelaskan tempat wisata tersebut telah bekerja sama dengan beberapa sekolah untuk melakukan pelatihan dan pembelajaran.

"Agenda tersebut meliputi pembelajaran mengenai cara kerja dan pembuatan pembangkit listrik tenaga mikrohidro, pesawat terbang, kapal cepat, hingga pelatihan lingkungan hidup," kata Achmad Mohyi, Minggu (13/3/2022).

Achmad menjelaskan, taman wisata di bawah naungan UMM itu memiliki beragam jenis wahana yang bisa dinikmati, tidak hanya bagi anak-anak, tapi juga bagi kalangan dewasa. Taman wisata tersebut beroperasi dari pukul 06.00-17.00 WIB. 

Fasilitas yang dimiliki Taman Rekreasi Sengkaling juga terbilang lengkap. Ketika memasuki Sengkaling, kita akan disuguhi oleh deretan kuliner khas Malang yang tergabung dalam Sengkaling Food Festival (SFF). 

Di sebelah kiri tempat loket, terdapat penginapan dengan konsep kapal yang diberi nama Kapal Garden Hotel. Pengunjung juga bisa mampir ke tempat olahraga yang terbuat dari kontainer yang bernama Workout Container Gym.

“Untuk biaya masuk ke wahana Taman Rekreasi Sengkaling, kami mematok harga Rp 30.000 per orang pada weekday dan Rp 35.000 per orang pada weekend. Beberapa fasilitas yang didapatkan adalah free akses ke semua kolam renang, taman satwa, taman kelinci dan beberapa wahana gratis lainnya,” ungkapnya. 

Tak hanya itu, tersedia pula tiket terusan yang dibanderol seharga Rp 60.000 per orang, yang berlaku untuk semua kolam renang, Bom-Bom Car, Perahu Naga, Kiddy Train, Bumper Boat, Theater 4 Dimensi, dan Joyland Game Zone.

Wahana di Taman Rekreasi Sengkaling terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu wahana air, wahana permainan, dan tempat satwa. Untuk bagian wahana air, pengunjung akan dimanjakan dengan kolam renang bagi orang dewasa dan anak-anak. Ada pula kolam kapal misteri, kolam pesona primitif, kolam pesona tirta sari, serta kolam cumi-cumi.

"Di area wahana permainan, kami memiliki kapal misteri, perahu motor, dan sepeda air yang bisa digunakan untuk mengelilingi kolam Sengkaling. Selain itu, ada juga permainan bom-bom car, bioskop 4 dimensi, playground, kiddy train, bumper boat, dan sederet lainnya," ucapnya.

Read Next