logo

Kampus

Menko PMK Hadiri Peresmian Kampus UNS Caruban Madiun

Menko PMK Hadiri Peresmian Kampus UNS Caruban Madiun
Menko PMK, Muhadjir Effendy berkunjung ke Kampus Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Caruban, Madiun, Jawa Timur, Jumat (11/3/2022). (EDUWARA/Dok. Kemenko PMK)
Redaksi, Kampus12 Maret, 2022 22:45 WIB

Eduwara.com, MADIUN - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berkunjung ke Kampus Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada Jumat (11/3/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka menghadiri peresmian Kampus Vokasi UNS Caruban yang terletak di Jl Imam Bonjol, Sumbersoko, Pandean, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Presiden Joko Widodo telah meresmikan Kampus Vokasi UNS Caruban secara daring di Gedung Tower Ki Hadjar Dewantara UNS Solo, bertepatan dengan momen Dies Natalis ke-46 UNS.

Dalam kunjungannya, Muhadjir meninjau ruang-ruang kelas serta melihat berbagai inovasi yang telah dihasilkan oleh para mahasiswa UNS Caruban. Inovasi yang dilihatnya antara lain inovasi pertanian berupa olahan makanan, juga inovasi teknologi informasi digital.

Muhadjir mengatakan, Kabupaten Madiun dan sekitarnya memiliki potensi untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, yang akan menjadi pemimpin masa depan bangsa di era bonus demografi. 

"Karena itu saya mohon UNS di Caruban ini menjadi pusat, center of excelence bagi generasi anak-anak muda di Kabupaten Madiun," ujar Muhadjir saat menyampaikan sambutan dalam peresmian Kampus UNS Caruban seperti siaran pers yang dilansir Eduwara.com, Sabtu (12/3/2022) dari laman web Kemenko PMK.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Bupati Madiun Ahmad Dawami, Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto, jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun, Dandim Kabupaten Madiun, Kapolres Kabupaten Madiun.

Muhadjir meminta agar Kampus UNS Caruban dimanfaatkan dengan maksimal untuk menyiapkan SDM yang berkualitas. Dia tidak ingin kampus UNS Caruban hanya sepintas lalu dan tidak menghasilkan SDM dan inovasi-inovasi.

"Saya mohon betul dukungan Pak Bupati seluruh jajaran dan juga dari UNS. Jadi jangan terhenti di sini. Prasarana sarananya harus disiapkan betul yang optimal dari pihak kabupaten dan UNS," pungkasnya. 

Sebagai informasi, Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) UNS Caruban memiliki tiga program studi (Prodi), yakni Prodi D III Akuntansi, Prodi D III Teknik Informatika dan Prodi D III Teknologi Hasil Pertanian (THP). Kampus ini menerima mahasiswa baru sebanyak 150 mahasiswa. Jumlah tersebut dibagi, masing-masing 50 mahasiswa untuk tiap Prodi.

UNS Caruban sudah mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru sejak tahun 2020. Meskipun keberadaan program studi di Madiun baru saja dibuka namun kualitas program studinya sama dengan kualitas di kampus pusat di Solo.

Pemerintah Kabupaten Madiun menyambut baik gagasan UNS untuk membuka cabang di Kabupaten Madiun. Diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Madiun turut membantu menyediakan sarana dan prasarana untuk kampus dan mempersiapkan dana hibah untuk mahasiswa berprestasi hingga dukungan operasional kampus. (K. Setia Widodo)

Read Next