logo

Sekolah Kita

Terapkan Manajemen Waktu, Erika Sukses Lulus SNMPTN Unesa

Terapkan Manajemen Waktu, Erika Sukses Lulus SNMPTN Unesa
Terapkan Manajemen Waktu, Erika Sukses Lulus SNMPTN Unesa (Istimewa)
Bhakti Hariani, Sekolah Kita31 Maret, 2022 14:16 WIB

Eduwara.com, SURABAYA – Menerapkan manajemen waktu dan giat untuk terus memperbaikini nilai rapor, berhasil menghantarkan Erika Fitra Nur Aina diterima di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Erika adalah siswa kelas XII jurusan IPS SMA Islam Terpadu Al Hikmah di Kota Blitar, Jawa Timur. Dikisahkan Erika kepada Eduwara.com, sejak kelas X, sekolah sudah menerapkan penjurusan kepada siswa. Erika memilih jurusan IPS. Ini memang sesuai dengan minat dan cita-cita Erika yang ingin menjadi pengusaha.

“Saya belajar keras dan selalu perbaiki nilai rapor. Saat kelas XI itu kami semua belajarnya daring karena situasi pandemi Covid-19. Disinilah saya menerapkan manajemen waktu. Karena tidak hanya belajar di sekolah, saya juga mengikuti les online seperti di Ruang Guru, dan di Zenius,” tutur Erika kepada Eduwara.com, Kamis (31/3/2022).

Les online, lanjut Erika, sangat membantu dirinya untuk memperdalam materi, memahami pelajaran. Sistem les online yang menghadirkan video yang bisa disimpan dan bisa ditonton kapan saja saat waktu luang sangat membantu Erika dalam memahami pelajaran. 

Jika merasa lelah karena belajar secara daring, Erika juga mengalokasikan waktunya untuk beristirahat sejenak. “Biasanya istirahatnya ya baca buku. Kebanyakan buku sejarah yang saya baca,” ujarnya.

Pihak sekolah, dikatakan Erika, juga sangat mendukung dirinya hingga bisa lulus SNMPTN ini. Jauh sebelum seleksi SNMPTN dibuka, di sekolah terdapat pembinaan olimpiade ekonomi. Erika kerap kali mengikuti olimpiade-olimpiade di bidang studi hingga tingkat nasional.

“Walau belum berhasil jadi juara tapi saya jadi terbiasa menghadapi soal-soal olimpiade. Sekolah sangat membantu dan mendukung saya mengikuti berbagai olimpiade ini,” tutur gadis yang bercita-cita menjadi pengusaha mengikuti jejak kedua orang tuanya ini.

Saat seleksi SNMPTN dibuka, Erika mantap memilih Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Dia tak pernah menyangka akan diterima dan lulus di SNMPTN. 

Keberhasilan Erika disambut sukacita oleh pihak sekolah dan teman-temannya serta kedua orang tuanya. “Malah teman-teman yang excited banget,” kata Erika bahagia.

Saat ini, Erika tengah menjalani proses daftar ulang untuk selanjutnya dapat menjadi mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. 

Target Besar Sekolah

Sementara itu, Kepala SMA Islam Terpadu Al Hikmah Anik Nurhayati menuturkan bahwa keberhasilan siswanya lolos seleksi SNMPTN merupakan target besar dari pihak sekolah. Terlebih ini adalah kali pertama siswa di sekolah ini lulus seleksi SNMPTN.

“Ini memang target besar kami. Alhamdulillah dapat. Kedepannya semoga ini jadi pintu gerbang kami untuk adik-adik kelas Erika bisa mengikuti jejaknya lulus SNMPTN,” tutur Anik.

SMA Islam Terpadu Al Hikmah, dikatakan Anik, berfokus pada empat hal dalam mendidik siswa. Yaitu unggul dalam Alquran, lulus perguruan tinggi negeri (PTN), kewirausahaan, dan menjadi pemimpin/leader.

“Kami hantarkan siswa menjadi generasi mandiri. Dengan menjadi wirausaha maka kita bisa memberi dan bukan hanya menerima. Selain itu anak-anak juga kami didik menjadi penghapal Alquran,” papar Anik.

Read Next