logo

Kampus

Tim Futsal UMM Raih Medali Perunggu pada Pomprov Jatim 2022

Tim Futsal UMM Raih Medali Perunggu pada Pomprov Jatim 2022
Tim Futsal UMM berfoto setelah berhasil meraih perunggu pada Pomprov Jatim 2022, akhir Maret lalu. (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, Kampus05 April, 2022 20:13 WIB

Eduwara.com, MALANG — Tim Futsal Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menyabet medali perunggu pada Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Jawa Timur 2022, akhir Maret lalu.

Salah satu anggota tim, Dandy Ananda Satria, menceritakan timnya telah melakukan persiapan yang cukup lama, kurang lebih selama satu tahun menghadapi Pomprov Jatim 2022. Para anggota tim melakukan latihan ketat yang telah diatur oleh pelatih.

"Kami melakukan latihan selama satu tahun dengan durasi latihan tiga kali seminggu. Tidak hanya mempersiapkan diri untuk Pomprov, latihan ini juga kami persiapkan untuk kejuaraan lain seperti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang akan dilaksanakan di Kota Bandung bulan Mei mendatang," ungkap mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi tersebut, Selasa (5/4/2022).

Meskipun telah melakukan persiapan yang matang, Dandy sapaan akrabnya, mengatakan bahwa banyak kendala yang terjadi selama perlombaan berlangsung. Beberapa hal yang paling mempengaruhi performa tim adalah cedera dan akumulasi kartu kuning. Minimnya jumlah anggota juga membuat beberapa peran penting menjadi terganggu.

"Ketika di fase 16 dan 8 besar, kami bermain tanpa kiper murni. Hal ini terjadi karena kedua kiper kami mengalami cedera serius di pertandingan sebelumnya. Hal itu membuat mereka tidak bisa melanjutkan pertandingan. Peran kiper akhirnya diambil alih oleh anggota yang berada di posisi lain," ungkap mahasiswa asal Malang itu.

Menurut dia, banyak orang yang pesimis bahwa futsal UMM dapat maju ke babak selanjutnya karena tim futsal memang tidak diunggulkan untuk membawa pulang medali. Kendala yang terjadi juga menjadi tantangan yang berat bagi anggota tim. Meskipun begitu dengan semangat dan kerja keras, mereka dapat melangkah sampai ke semifinal dan memperoleh medali perunggu.

"Meskipun sedikit terseok, kami bangga karena bisa memenangkan pertandingan demi pertandingan dan mengamankan satu medali untuk kampus tercinta. Saya tentu berharap tim ini bisa semakin solid dan kuat sehingga kami bisa membawa pulang gelar juara di perlombaan-perlombaan selanjutnya," ucapnya.

Read Next