logo

Beasiswa

YBM BRILiaN Buka Beasiswa untuk Siswa SMA Sederajat, Ini Syarat dan Ketentuannya

YBM BRILiaN Buka Beasiswa untuk Siswa SMA Sederajat, Ini Syarat dan Ketentuannya
YBM Smart Scholarship SMA Sederajat. (Dok. Istimewa @ybmbrilian)
Redaksi, Beasiswa04 April, 2022 21:03 WIB

Eduwara.com, SOLO - Yayasan Baitul Maal (YBM) BRILiaN membuka kembali YBM Smart Scholarship 2022. Beasiswa tersebut merupakan salah satu program pendayagunaan zakat YBM BRILiaN di bidang pendidikan, yang bertujuan menunjang kegiatan akademik, guna menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berkarakter, berkompetensi, dan berdaya saing.

YBM BRILiaN merupakan lembaga filantropi Islam pengelola dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf yang dilaksanakan secara profesional, sesuai dengan aturan dan ketentuan dalam syariat Islam. YBM BRILiaN berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan mobilitas vertikal keluarga dhuafa melalui serangkaian program pendidikan inklusif, pemberdayaan ekonomi, serta program sosial kemanusiaan sehingga terwujud masyarakat berdaya.

Melansir laman web resmi ymbrilian.id, kriteria penerima beasiswa yakni Warga Negara Indonesia (WNI), merupakan siswa/i aktif SMA atau sederajat kelas XI dengan akreditasi sekolah minimal “B”. Kemudian memiliki potensi akademik baik dan dorongan berprestasi tinggi, memiliki keterbatasan finansial, tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain, dan hanya 1 (satu) awardee dalam 1 KK.

Adapun syarat pendaftaran ialah scan/foto Kartu Keluarga (KK) atau surat keterangan tentang susunan keluarga. Selanjutnya scan/foto salah satu di antara dokumen berikut:

1. Surat Penghasilan Orangtua/Wali atau Kartu Pengaman Sosial (KPS) atau

2. Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau

3. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi Tempat Orangtua Bekerja dan dapat dibuktikan kebenarannya.

4. Scan/foto Rapor terakhir

5. Foto Rumah (tampak depan)

6. Scan/foto Sertifikat/Penghargaan (bila ada).

Benefit yang didapatkan dari beasiswa yaitu tunjangan prestasi, jejaring, penguatan soft skill

Alur seleksi meliputi registrasi (Deadline 10 April 2022) melalui tautan bit.ly/RekrutmenSmartSMA2022, kemudian seleksi administrasi, dan pengumuman akhir. Info lebih lanjut bisa membuka laman web https://ybmbrilian.id/pendaftaran-smart-scholarship-sma/. (K. Setia Widodo/*)

Read Next