logo

Kampus

Tim Mahasiswa PKM-K UMS Ciptakan MSG Organik

Tim Mahasiswa PKM-K UMS Ciptakan MSG Organik
MSG Organik "Baharat" olahan Tim PKM-K UMS. (EDUWARA/UMS)
Redaksi, Kampus07 September, 2022 21:42 WIB

Eduwara.com, SUKOHARJO – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menciptakan penyedap rasa Monosodium Glutamate (MSG) Organik. Penyedap rasa itu dinilai lebih aman bagi tubuh manusia karena berbahan dasar tempe dan nanas.

Tim tersebut terdiri atas M Galih Wicaksono, Kus Alan Dhimas Prabowo, Aulia Firda Salsabila, Eriza Putri Ayu Ning Tias, dan Lu’lu’ul Rosyiqul Hayati yang merupakan mahasiswa dari beberapa program studi di antaranya Pendidikan Biologi, Teknik Kimia, Fakultas Teknik, dan Ilmu Gizi.

Ketua Tim, M Galih Wicaksono mengatakan penyedap rasa berlabel ‘Baharat’ itu berfungsi sebagai penyedap rasa pada masakan sehingga makanan memiliki cita rasa gurih. Dia berharap, produk buatan timnya bisa diterima masyarakat luas.

“Semoga produk kami, Baharat, ke depan bisa diterima masyarakat luas. MSG ini, jauh lebih aman dibanding MSG yang sudah beredar di pasaran, karena tidak berbahan kimiawi,” kata Galih seperti dilansir Eduwara.com, Rabu (7/9/2022), dari laman UMS.

Inovasi MSG Organik Baharat, lanjut Galih, bersumber dari artikel ilmiah yang kredibel. Diharapkan, produk timnya dapat menjadi alternatif MSG berbahan kimia yang ada di pasaran sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat.

Protein Tinggi

Galih menambahkan, MSG Organik Baharat memiliki kadar protein yang tinggi serta rendah natrium. 

“Dengan adanya produk MSG Organik Baharat dapat mengurangi risiko penyakit kanker, hipertensi, dan penyakit berbahaya lainnya,” ujar Galih.

Galih menyebutkan, produk MSG Organik tersebut juga mengandung ekstrak buah nanas di mana ekstrak buah nanas mengandung senyawa Bromelin yang mampu bekerja sebagai anti inflamasi. Kemudian juga ditambahkan tempe yang kaya akan protein.

Selain itu, konsumsi tempe juga dapat mengurangi risiko parkinson, meningkatkan kinerja otak, menurunkan kadar kolesterol jahat. Produk itu juga tidak mengandung bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi dan dijual dalam bentuk cair dalam kemasan saset.

Dosen Pembimbing, Endang Setyaningsih menuturkan MSG Organik Baharat telah diuji oleh Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Kota Solo.

“Sejauh ini, MSG Organik Baharat telah diuji melalui uji mikrobiologi, organoleptik, dan kandungan gizi di BPSMB Kota Solo," jelas dia. 

(K. Setia Widodo/*)

Read Next