logo

Kampus

Tim Startup UMY Raih Prestasi di KMI Expo XII 2021

Tim Startup UMY Raih Prestasi di KMI Expo XII 2021
Tim Startup UMY Memboyong Gelar Juara di KMI Expo XII 2021 ((EDUWARA/UMY))
Setyono, Kampus23 November, 2021 20:05 WIB

Eduwara.com, JOGJA -- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memboyong gelar juara pada tiga kategori dalam ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII 2021.

Dalam ajang yang dilaksanakan di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur 17 - 19 November 2021, UMY meraih Juara 2 Kategori Umum Bidang Jasa dan Perdagangan yang diraih oleh kelompok Beribahasa.

Kemudian juara 3 Kategori Umum Bidang Teknologi yang diraih kelompok Conect. Terakhir, Juara Harapan 1 Kategori Inovasi Kopi yang diraih oleh kelompok Summit Coffee.

Dalam rilisnya, Selasa (23/11), Kepala Divisi Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan, Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY Siti Nur Aisyah, menjelaskan prestasi yang diraih mahasiswa adalah bentuk nyata komitmen dari universitas.

"Melalui LPKA dan Student Entrepreneur and Business Incubator (SEBI), universitas berkomitmen memfasilitasi, membina, dan juga mendampingi kegiatan-kegiatan mahasiswa utamanya dalam hal kewirausahaan. UMY menargetkan lulusan berakhlak mulia, berwawasan, dan berkemampuan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi," ungkapnya.

KMI Expo merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) dalam rangka mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk mengembangkan kemampuan dan jiwa berwirausaha mahasiswa di Indonesia.

Ketiga tim yang berlaga di ajang ini merupakan tim startup atau usaha rintisan yang digagas mahasiswa UMY. Beribahasa merupakan startup yang dikembangkan sebagai platform pembelajaran bahasa asing jarak jauh dimana murid dan tutor bisa secara fleksibel bertemu tanpa terhalang oleh jarak.

Lalu, Conect adalah startup yang mengembangkan aplikasi profiling untuk melakukan integrasi terhadap profil seseorang dengan sistem single identity. Sementara Summit Coffee adalah usaha cafe yang didirikan oleh mahasiswa.

"Selama berkompetisi, kami mendapatkan dukungan penuh berupa bimbingan, konseling, serta pendanaan sejak awal mulai mencetuskan ide hingga akhirnya bisa mengikuti berbagai perlombaan dan meraih prestasi," kata perwakilan Tim Conect, Putri Fadilah.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Al-Islam Kemuhammadiyahan UMY Muhammad Faris Al-Fadhat, menyampaikan ide yang dicetuskan mahasiswa wirausaha ini sangat hebat dan sangat layak didorong untuk menjadi sebuah startup berskala besar.

"Terbukti dengan apresiasi yang diberikan kementerian melalui KMI Expo XII 2021 ini. Harapannya rintisan usaha ini terus dilanjutkan sehingga bisa menjadi sebuah proyek masa depan nantinya," jelasnya.

 

Read Next