logo

Kampus

BRIN Dorong Mahasiswa Perbanyak Penelitian

BRIN Dorong Mahasiswa Perbanyak Penelitian
Acara pelatihan penyusunan proposal penelitian untuk mahasiswa pada acara Bakti Teknologi dan Inovasi BRIN di Kabupaten Maros, Minggu (21/11). (BRIN)
Bunga NurSY, Kampus23 November, 2021 12:42 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Badan Riset dan Inovasi Nasional mendorong kalangan perguruan tinggi agar memperbanyak penelitian terkait dengan kekayaan alam Indonesia.

Plt. Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Mego Pinandito mengatakan, Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat tinggi, namun belum bisa dimaksimalkan dalam pemanfaatannya. 

“Oleh sebab itu penelitian terkait peningkatan nilai tambah dari kekayaan alam mutlak harus dilakukan,” katanya seperti dikutip dari siaran pers BRIN pada Selasa (23/11/2021).

Mego menambahkan peningkatan kompetensi mahasiswa terkait metode penelitian perlu dilakukan, sehingga memiliki kepekaan dalam menuangkan gagasan pemikirannya dengan metode penelitian yang bisa dipertanggung jawabkan sehingga menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara itu Anggota Anggota DPR Komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris mengatakan Indonesia memiliki potensi bonus demografi yang luar biasa, dimana dunia penelitian semakin berkembang yang tentunya dunia penelitian banyak membutuhkan peneliti-peneliti muda. 

Maka dari itu harus disiapkan peneliti-peneliti muda sedini mungkin. “Kita harus memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa menjadi peneliti itu merupakan suatu profesi yang sangat kita hargai dan bisa memberikan suatu pendapatan yang lumayan” ujarnya.

Pada kesempatan yang berbeda Bupati Kabupaten Maros Andi Syafril Chaidir Syam mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh BRIN yang bekerja sama dengan anggota Komisi VII DPR RI ini. 

Diharapkan kedepannya dari Kabupaten Maros lahir peneliti-peneliti yang bisa memberikan sumbangsih pemikiran dan karya-karya inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Maros.

“Kita harapkan kita harus buat yang produktif yang kedepannya, kita butuhkan mahasiswa-mahasiswi yang bermanfaat kedepannya dengan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat” pungkasnya.

Read Next