logo

Kampus

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, BPMI UMM Perkuat Kinerja Gugus Penjamin Mutu

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, BPMI UMM Perkuat Kinerja Gugus Penjamin Mutu
Kepala BPMI UMM, Ainur Rofieq. (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, Kampus27 Maret, 2022 01:21 WIB

Eduwara.com, MALANG — Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memperkuat kinerja gugus penjamin mutu untuk meningkatkan kualitas pendidikan fakultas dan program studi (prodi).

Kepala BPMI UMM, Ainur Rofieq, menjelaskan penguatan itu berupa konsolidasi internal yang bertujuan untuk mengenalkan tugas dan fungsi bagi BPMI fakultas. Apalagi mengingat personalia dari tim BPMI fakultas per-tahun ini diisi dengan orang-orang baru.

"Tugas paling pokok dari gugus ini adalah melakukan penjaminan mutu di tingkat fakultas," kata Ainur Rofieq, Sabtu (26/3/2022).

Tugas lain yang harus dilaksanakan gugus fakultas, kata dia, meliputi pengawasan terhadap kegiatan prodi sesuai dengan target capaian dan indikator kinerja. Dalam mengawasi, mereka dapat melakukan pemantauan di setiap prodi. 

Pemantauan program juga harus sesuai dengan indikator yang sudah ditetapkan universitas. Begitupun dengan upaya survei tingkat kepuasan.

"Survei tersebut terbagi menjadi dua, yakni internal dan eksternal. Data survei internal didapat dari dari dosen dan mahasiswa. Sedangkan eksternal meliputi data dari alumni, perusahaan, dan masyarakat," ucapnya.

Dosen Prodi Pendidikan Biologi UMM tersebut menilai, kehadiran gugus di tingkat fakultas juga sebagai upaya pendampingan bagi fakultas dan prodi. Utamanya dalam angka mengarahkan agar tidak keluar dari indikator yang ditetapkan. Begitupun juga dengan usaha agar mampu mencapai target yang sudah dicanangkan.

"Hal tersebut dilakukan guna menjaga mutu dan kualitas pendidikan prodi dan fakultas. Dengan begitu, mutu universitas juga bisa lebih baik serta dapat memperlancar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)," ucapnya.

Ainur Rofieq berharap, ke depan BPMI bisa memuluskan kelancaran SPMI. Selain itu, ia juga berharap gugus ini bisa menjadi penjamin mutu internal yang bagus serta dapat menyusun indikator sesuai dengan rumpun ilmu.

Dengan begitu, mutu yang dimiliki kampus dapat terjaga dan dapat ditingkatkan. 

"Setiap prodi diharuskan untuk memiliki visi keilmuan yaitu visi yang sesuai dengan standar untuk mencapai visi keilmuan dengan target tri dharma perguruan tinggi," ujarnya.

Read Next