logo

Kampus

Tumbuhkan Jiwa Seni Tanpa Melepas Takwa, UII Selenggarakan Lomba Kaligrafi dan Dakwah

Tumbuhkan Jiwa Seni Tanpa Melepas Takwa, UII Selenggarakan Lomba Kaligrafi dan Dakwah
Bincang Seni Budaya Islam bertema "Tantangan dan Masa Depan Seni Kaligrafi di Era Teknologi Digital", yang diselenggarakan di Universitas Islam Indonesia (UII), Senin (22/5/2023), turut menyemarakkan Lomba Video Dakwah dan Kaligrafi tingkat Nasional. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka Milad ke-80 UII. (EDUWARA/Dok. UII)
Setyono, Kampus22 Mei, 2023 19:32 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Bergulir sejak Ramadan kemarin, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta resmi menggelar Lomba Video Dakwah dan Kaligrafi tingkat Nasional, Senin (22/5/2023). Lomba tersebut diikuti 222 peserta tingkat SMA dan mahasiswa jenjang sarjana yang berasal dari berbagai daerah se- Indonesia.

Ketua Panitia Rifqi Sasmita Hadi menjelaskan perlombaan dilakukan secara daring pada kategori Lomba Video Dakwah, sedangkan Lomba Kaligrafi dilaksanakan secara luring.

"Pendaftaran dibuka sejak 14 April 2023 dan berakhir 10 Mei 2023 kemarin. Panitia mencatat sebanyak 140 peserta Lomba Video Dakwah serta 82 peserta Lomba Kaligrafi dinyatakan memenuhi syarat pendaftaran serta ketentuan umum," jelasnya.

Peserta tidak hanya berasal dari lingkup regional Jawa Tengah dan DIY, tetapi dari seluruh Indonesia. Ada yang berasal dari Pulau Sumatra, Kalimantan, hingga Sulawesi dan Nusa Tenggara.

"Ini menunjukkan daya kreativitas generasi muda tersebar di berbagai wilayah di tanah air," terang Rifqi.

Ia melanjutkan, agenda lomba ini merupakan upaya untuk menghidupkan kreativitas di bidang seni dan budaya di kalangan generasi muda. Selain itu, kegiatan perlombaan ini juga dilaksanakan dalam rangkaian Milad ke-80 UII bertema, 'Menjemput Cahaya, Merengkuh Ketakwaan'.

"Kegiatan ini mendorong generasi muda untuk menunjukkan karya terbaik masing-masing tanpa menghapus nilai ketakwaan," ucapnya.

Mimbar Ekspresi

Dalam event ini, peserta juga diberikan mimbar apresiasi untuk karya kreativitasnya. Sebagai wujud ekspresi perayaan Milad UII ke-80 tahun, kegiatan ini juga mengandung esensi rasa syukur, hingga saat ini UII turut merawat seni dan budaya.. 

Spirit kegiatan ini juga memantik perhatian generasi muda, nampak dari tingginya peserta yang turut serta dalam kegiatan dari tahun ke tahun. 

Dalam penilaian karya, panitia kegiatan mengundang dewan juri yang berkompeten di bidangnya masing-masing guna menjaga kredibilitas dan kualitas dari perlombaan. Para juri berasal dari kalangan akademisi, praktisi, dan seniman. 

"Metode penilaian juga dibuat seadil mungkin di mana para dewan juri menilai karya peserta dengan metode blind review," jelasnya.

Sebagai Juri Lomba Video Dakwah panitia kegiatan mengundang Ustaz Zaky Ahmad yang merupakan aktivis dakwah, penulis dan influencer, M Atiatul Muqtadir sebagai founder beriperubahan, dan Nadia Wasta Utami selaku Kepala Divisi Pengembangan Media & Riset Direktorat Pemasaran UII. 

Sementara itu, Juri Lomba Kaligrafi yang juga hadir sebagai pembicara Bincang Seni Islam yakni Ustaz Didin Sirojuddin dari pengasuh Pondok Quranic Calligraphy Sukabumi, Ustaz Robert Nasrullah perupa internasional, pengelola Pusat Studi Kaligrafi UIN Sunan Kalijaga, dan Revianto Budi Santosa selaku Ketua Program Studi Arsitektur Program Magister UII.

Selain perlombaan tingkat nasional, kegiatan turut disemarakkan dengan Bincang Seni Budaya Islam bertema "Tantangan dan Masa Depan Seni Kaligrafi di Era Teknologi Digital" pada hari yang sama.

Read Next