logo

Sekolah Kita

Undang Perguruan Tinggi ke Sekolah, Siswa Diminta Fokus Masa Depan

Undang Perguruan Tinggi ke Sekolah, Siswa Diminta Fokus Masa Depan
Kegiatan Career Day yang digelar Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta di halaman sekolah, Rabu (11/1/2023). Selain diajak mengenal dunia perguruan tinggi, dengan cara mengundang 15 perguruan tinggi ke sekolah, siswa juga diajak menikmati Market Day, Science Show, hingga seminar masuk ke perguruan tinggi negeri maupun swasta. (EDUWARA/Setyono)
Setyono, Sekolah Kita11 Januari, 2023 21:03 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Tidak ingin siswanya berhenti mengejar masa depan selepas menyelesaikan pendidikan menengah atas, Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta mengundang 15 perguruan tinggi untuk mengenalkan dunia perkuliahan ke siswanya.

Dalam kegiatan Career Day yang digelar di halaman sekolah, Rabu (11/1/2023), selain diajak mengenal dunia perguruan tinggi, siswa juga diajak menikmati Market Day, Science Show, hingga seminar masuk ke perguruan tinggi negeri maupun swasta.

"Kegiatan ini memang kita fokuskan untuk menyiapkan dan membekali para santri agar lebih awal mengenal dunia pendidikan perguruan tinggi. Kami berkeinginan mereka tidak puas pada pendidikan setingkat  menengah saja," jelas Badan Pembina Harian Madrasah Muallimin dan Muallimat Muhammadiyah, Ridwan Furqoni.

Diharapkan dengan mengenal lebih dekat dunia perguruan tinggi, para santri bisa menentukan pilihan atau penjurusan sesudah sekolah menengah yang sesuai dengan potensi, minat dan bakat diri.

"Bimbingan lewat Career Day ini, siswa sangat terbantu memiliki peta pengembangan karirnya ke depan. Ini sangat penting, karena kalau nanti salah memilih jurusan, atau perguruan tinggi, itu sangat berdampak pada karirnya," kata Ridwan.

Terkait dengan tingkat kelanjutan pendidikan ke perguruan tinggi, Direktur Madrasah Muallimat Unik Rasyodah menyatakan hingga sekarang sebagian besar santrinya meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

"Tidak sedikit yang melanjutkan studi ke universitas luar negeri, seperti Turki, Mesir, Australia, ataupun China," ungkapnya.

Terlebih lagi dengan kecenderungan tren melanjutkan pendidikan hingga S2 dan seterusnya yang semakin meningkat, Anik melihat kegiatan Career Day sangat penting untuk mengenalkan anak-anak pada dunia kampus sejak dini.

Tidak hanya sebatas bisa dinikmati oleh siswa jenjang Aliyah, kegiatan sehari ini juga diperuntukkan bagi siswa Tsanawiyah atau SMP. Namun materi yang disampaikan ke mereka cenderung lebih dasar, yaitu pembuatan pohon karir, ajang kreativitas, hingga diskusi panel dengan para alumni.

"Kami ingin mengenalkan dan menekankan kepada siswa MTs sejak kelas I mengenai karir masa depan. Sehingga, selama enam tahun mereka di Muallimat, step-stepnya terpetakan, dan setelah lulus mantap mau lanjut ke mana, masuk universitas apa, jurusan apa," papar Unik.

Read Next