logo

Kampus

Undiksha Kini Punya Gedung Laboratorium Kesehatan Terpadu

Undiksha Kini Punya Gedung Laboratorium Kesehatan Terpadu
Plt. Dirjen Diktiristek, Nizam, saat meresmikan Gedung Laboratorium Kesehatan Terpadu Undiksha di Singaraja, Bali pada Selasa (11/1). (Ditjen Diktiristek)
Bunga NurSY, Kampus12 Januari, 2022 11:21 WIB

Eduwara.com, SINGARAJA—Universitas Pendidikan Ganesha bakal mengoptimalkan Gedung Laboratorium Kesehatan Terpadu yang baru saja selesai dibangun untuk meningkatkan kualitas lulusannya.

Fasilitas tersebut diresmikan pada Selasa (11/01/2022) dengan dihadiri oleh Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nizam seperti dikutip dari situs resmi Ditjen Diktiristek.

Rektor Undiksha I Nyoman Jampel menyampaikan apresiasi kepada plt. Dirjen Diktiristek yang telah membantu mewujudkan pembangunan Gedung Laboratorium Kesehatan Terpadu Undiksha yang didanai melalui mekanisme Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). 

I Nyoman Jampel optimis bahwa fasilitas Gedung Laboratorium Kesehatan Terpadu ini akan dioptimalkan dalam mendukung peningkatan kualitas lulusan Undiksha, khususnya di Progran Studi Kedokteran.

Sebagaimana diketahui, pada tahun lalu Kementerian Keuangan (Kemenkeu)  menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebesar Rp 27,58 triliun yang  dialokasikan untuk membiayai proyek-proyek di 11 Kementerian/Lembaga (K/L).Dari jumlah itu, Rp1,54 triliun rencananya disiapkan untuk 19 proyek pembangunan gedung perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek.

Sementara itu, Nizam berharap kehadiran fasilitas laboratorium kesehatan terpadu itu memacu Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) untuk meningkatkan kualitas dan prestasi di tingkat global. 

“Prestasi yang sudah ditorehkan Undiksha mohon untuk ditingkatkan, tidak hanya ditingkat nasional namun juga di kancah internasional, tingkat global,” ujar Nizam.

Nizam memandang bahwa dengan adanya fasilitas Gedung Laboratorium Kesehatan Terpadu ini merupakan momentum bagi Undiksha untuk menyelenggarakan kembali pembelajaran tatap muka langsung dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Jangan sampai sarana dan prasarana yang pembangunannya didanai dengan uang rakyat ini hanya menjadi pajangan saja. Fasilitas ini harus dioptimalkan sebagai bagian dalam upaya mencerdaskan anak-anak bangsa dan mendorong kamajuan masyarakat melalui Tridarma perguruan tinggi,” pesan Nizam.

Oleh karena itu, dengan semangat Kampus Merdeka Nizam berharap fasilitas gedung ini tidak hanya di nikmati oleh mahasiswa Undiksha saja, melainkan dapat menjadi sarana kolaborasi dan sinergi antara Undiksha dengan berbagai perguruan tinggi lainnya. 

Mahasiswa Undiksha bisa berinteraksi, berkolaborasi, dan sharing ilmu yang dimiliki dengan mahasiswa-mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya.

“Dengan adanya kolaborasi dan sinergi ini Undiksha akan betul-betul hadir sebagai oase di tengah masyarakat khususnya di wilayah Bali Utara,” ujar Nizam.

Read Next