logo

Kampus

Unpam-BRIN Kerjasama Dorong Riset Terapan

Unpam-BRIN Kerjasama Dorong Riset Terapan
Unpam-BRIN Kerjasama Dorong Riset Terapan (BRIN)
Bunga NurSY, Kampus21 Januari, 2022 06:05 WIB

Eduwara.com, TANGERANG—Universitas Pamulang (Unpam) bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk meningkatkan kualitas lulusan melalui dukungan riset terapan.

Rektor Unpam E. Nurzaman menyampaikan bahwa Unpam merupakan salah satu universitas swasta di Indonesia yang terus berkembang. Unpam menyediakan kesempatan belajar khususnya bagi mereka yg kurang beruntung secara finansial maupun akademik.

“Kami meyakini semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin besar peluang untuk hidup lebih sejahtera. Kalau kita tidak memberikan kesempatan pendidikan untuk mereka yang kurang beruntung tersebut, maka kecenderungan akan terus-menerus meregenerasi dan mewariskan kemiskinan berikutnya,” ungkap Nurzaman seperti dikutip dari situs resmi BRIN pada Kamis (20/1/2022). 

Nurzaman berharap kerja sama ini akan meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa Unpam, terutama dengan terbukanya kesempatan bagi mahasiswanya untuk melakukan praktik kerja lapangan, tugas akhir, kunjungan ilmiah, hingga riset di BRIN.

Sementara itu, Plt. Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi Mego Pinandito mengatakan, BRIN menyambut baik dan terbuka dengan adanya kerja sama antara kedua belah pihak, terutama dalam hal pendidikan maupun dalam pelaksanaan penelitian/riset terapan. 

“BRIN membuka kerja sama seluruhnya, baik untuk Perguruan Tinggi maupun untuk industri, untuk secara bersama-sama melakukan riset, terutama riset terapan. Misalnya sesuatu yang pasti bisa digunakan, bisa dibuat di bengkel, di workshop dan lain-lain,” ujar Mego.

Menurut Mego dengan adanya penandatanganan MoU antara BRIN dengan Unpam, diharapkan kerjasama yang sebelumnya telah dilakukan Unpam dengan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang sekarang terintegrasi ke dalam BRIN dapat terus berlanjut dan terus berkembang kearah yang lebih baik. 

“Kami berharap bisa memberikan dukungan penuh kepada penyelenggaraan dan pengembangan Unpam kedepannya,” kata Mego.

Read Next