logo

Kampus

Upaya Tekan Stunting, Tim Dosen Mengabdi IPB Beri Pelatihan Budi Daya Ikan di Dalam Ember

Upaya Tekan Stunting, Tim Dosen Mengabdi IPB Beri Pelatihan Budi Daya Ikan di Dalam Ember
Upaya Tekan Stunting, Tim Dosen Mengabdi IPB Beri Pelatihan Budi Daya Ikan di Dalam Ember (IPB)
Bunga NurSY, Kampus23 Februari, 2022 10:43 WIB

Eduwara.com, BOGOR—Tim Dosen Mengabdi Institut Pertanian Bogor (IPB University) memberikan pelatihan budi daya ikan di dalam ember di Kelurahan Situ Gede, Bogor.

Pelatihan diberikan oleh Ima Kusumanti, MSc, peserta Dosen Mengabdi dari Program Studi Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Sekolah Vokasi IPB University. Pelatihan kali ini diikuti oleh tujuh keluarga di RW 7 kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Ima Kusumawati mengatakan, pelatihan budi daya ikan dalam ember juga akan diintegrasikan dengan budi daya tanaman sayuran hidroponik. Ia menjelaskan, jenis ikan yang akan di budidayakan adalah ikan lele.

“Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang baik untuk mendukung pertumbuhan anak karena memiliki komposisi gizi yang baik, terutama kandungan proteinnya,” katanya seperti dikutip dari situs resmi IPB pada Selasa (22/02/2022).

Pelatihan budi daya ikan tersebut dilatarbelakangi salah satu masalah gizi yang belum terselesaikan hingga saat ini, yakni stunting.

Berdasarkan hasil Studi Status Gizi Balita Indonesia (SGGBI) tahun 2019, prevalensi stunting Indonesia tercatat sebesar 27.67 persen dan mengalami penurunan menjadi 24.4 persen pada tahun 2021. 

Meskipun angka stunting berhasil diturunkan, tetapi jumlah tersebut masih di atas standar WHO, yaitu 20 persen atau seperlima dari jumlah total anak balita dalam suatu negara. Angka tersebut menempatkan Indonesia tertinggi ketiga di Asia dan kelima di dunia.

Saat ini, pemerintah melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, menetapkan target angka stunting nasional sebanyak 14 persen. 

Untuk mendukung pencapaian target tersebut maka IPB University melaksanakan program IPB Peduli Stunting yang salah satu upayanya adalah pelatihan budidaya ikan dalam ember.

Pelatihan budidaya ikan dalam ember bertujuan untuk meningkatkan kualitas konsumsi pangan terutama sumber protein yang berperan dalam pertumbuhan anak

Tin Herawati, Koordinator IPB Peduli Stunting di Kelurahan Situ Gede, Bogor mengatakan, budi daya ikan dalam ember selain dapat meningkatkan kualitas konsumsi pangan, diharapkan juga dapat meningkatkan ekonomi keluarga melalui penjualan hasil panennya.

Dia juga menyatakan bahwa tujuh keluarga di awal pelatihan ini diharapkan dapat menjadi percontohan bagi keluarga lainnya. Ia menegaskan, jika sudah berkembang dengan baik diharapkan dapat berkontribusi terhadap pencegahan dan penanganan stunting.

Kegiatan pelatihan dihadiri juga oleh Lurah Situ Gede Kartini Wulandari yang menyambut baik kegiatan pelatihan ini. Selain itu, turut kader pendamping keluarga dan mahasiswa dari Program Studi Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Sekolah Vokasi IPB University.

Read Next