logo

Kampus

Simak Ketentuan dan Kuota SNMPTN 2022 ITB untuk Prodi Saintek!

Simak Ketentuan dan Kuota SNMPTN 2022 ITB untuk Prodi Saintek!
Simak Ketentuan dan Kuota SNMPTN 2022 ITB untuk Prodi Saintek! (ITB)
Bunga NurSY, Kampus16 Februari, 2022 09:21 WIB

Eduwara.com, BANDUNG—Para calon mahasiswa baru yang berminat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk Institut Teknologi Bandung pada tahun ajaran 2022/2023 diminta untuk memperhatikan persyaratan yang ada dengan cermat. 

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Pendidikan ITB Arief Hariyanto saat Open House Pendidikan ITB 2022 pada Sabtu (12/2/2022).

Pertama, ITB ingin mendapatkan mahasiswa dengan capaian akademik terbaik di seluruh Indonesia karena ITB milik Indonesia. Kedua, tolong jangan percaya janji dari siapapun. Ikuti proses secara ‘normal’ berdasarkan informasi paling benar dan akurat,” jelas Arief seperti dikutip dari situs resmi ITB, Selasa (15/2/2022).

Sebagaimana diketahui, pendaftaran SNMPTN 2022 sebagai salah satu sistem seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia akan diadakan pada 14 Februari 2022 sampai 28 Februari 2022. 

ITB tidak menerima mahasiswa berdasarkan program studi. Setiap mahasiswa akan melaksanakan Tahap Persiapan Bersama (TPB) selama satu tahun. Di akhir TPB, mahasiswa akan mengisi kuesioner untuk memilih program studi. Pemilihan program studi berdasarkan minat mahasiswa, kuota, dan hasil pembelajaran selama TPB.

Terdapat sejumlaj ketentuan khusus yang diberikan oleh ITB setelah mengikuti ketentuan umum SNMPTN 2022 dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). 

Salah satu contoh ketentuan khusus itu adalah  peserta tidak boleh memilih dua program studi dari fakultas atau sekolah yang sama. Namun, peserta dapat memilih dua program studi dari fakultas yang sama dengan rumpun ilmu atau lokasi kampus yang berbeda. 

Contohnya peserta boleh memilih Teknik Geofisika di Kampus ITB Ganesha di pilihan pertama dan Teknik Geofisika di Kampus ITB Cirebon di pilihan kedua. Namun, peserta yang memilih dua program studi di ITB harus berdasarkan syarat yang diberikan LTMPT.

Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN dapat diakses di portal dan media sosial admission ITB, yaitu https://admission.itb.ac.id/ dan akun Instagram di @admission.itb.

Berikut ini perincian kuota penerimaan mahasiswa baru 2022/2023 dari program studi berbasis saintek jenjang sarjana ITB yang dilansir dari laman LTMPT:

Sumber data: https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sn.php?, diolah (Eduwara/Bunga)

 

Read Next