logo

Kampus

Versi AppliedHE, UMM Peringkat Enam Kampus Swasta Terbaik se-ASEAN

Versi AppliedHE, UMM Peringkat Enam Kampus Swasta Terbaik se-ASEAN
Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) (Istimewa)
Fathul Muin, Kampus13 Maret, 2022 22:29 WIB

Eduwara.com, MALANG — Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memperoleh predikat sebagai kampus swasta terbaik nomor enam se-Asia Tenggara oleh AppliedHE, lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang berpusat di 20 Sin Ming Lane, Midview City, Singapura. 

Predikat tersebut diperoleh dari 700 perguruan tinggi swasta (PTS) di ASEAN yang dinilai dan masuk dalam proses pemeringkatan. Beberapa kriteria yang digunakan untuk penilaian ini meliputi teaching and learning, employability, serta research. Adapula community engagement, internasionalisasi dan reputasi institusi.

"Raihan ini menjadi kabar yang sangat menggembirakan," kata Rektor UMM, Fauzan, Minggu (13/3/2022).

Fauzan mengingatkan, prestasi itu tidak perlu disikapi dengan euforia, melainkan harus segera melakukan evaluasi terhadap variabel-variabel yang masih perlu dikembangkan.

"Tentu harus ada peningkatan peringkat UMM pada tahun berikutnya, mengingat hal ini menjadi aspek penting dalam perjalanan sebuah perguruan tinggi. Begitupun dengan peningkatan kualitas di seluruh aspek layanan. Hasil ini juga menjadi bagian dari rekognisi internasional yang sudah menjadi milestone UMM sejak lama," ungkapnya.

Wakil Rektor I UMM, Syamsul Arifin, bersyukur UMM dapat masuk di jajaran kampus teratas se-Asia Tenggara menurut AppliedHE. Hal ini menunjukkan bahwa UMM telah memperoleh pengakuan, terutama di berbagai bidang yang dinilai.

"Kami tentu senang karena dari segi akademik yang meliputi teaching and learning serta riset, kami mampu memperoleh hasil yang bagus. Apalagi melihat kenyataan bahwa universitas dinilai sebagai centre of excellence dalam pengembangan ilmu pengetahuan," ucapnya.

Kolaborasi

Syamsul menilai, riset yang dilakukan UMM relatif bagus karena mampu berkolaborasi dan memanfaatkan hibah dari pemerintah maupun dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Meski begitu, dia ingin hasil riset yang diperoleh dapat diselaraskan dengan aspek teaching and learning. Begitupun dengan community engagement yang seharusnya bisa dikembangkan lebih baik lagi.

"Apa yang disampaikan oleh AppliedHE menandakan bahwa kami sudah masuk di kancah internasional, sesuai dengan milestone kami tahun ini yakni international competitiveness. Hasil ini harus menjadi momentum, refleksi dan muhasabah supaya semua komponen UMM bisa bagus. Saya tentu mengapresiasi kerja kolektif dari semua unit dan bagian di UMM yang sudah berupaya semaksimal mungkin," ujarnya.

Asisten Rektor Bidang Akreditasi Internasional UMM, Suparto, menjelaskan data penilaian yang dilakukan oleh AppliedHE bersumber pada tiga hal, yakni data dari kampus, angket yang diberikan ke alumni dan mahasiswa serta data dari Google Scholar. Enam aspek yang ada dinilai secara objektif dan memiliki porsi masing-masing. 

"Sebut saja teaching and learning yang porsinya mencapai 40 persen dari total seluruh penilaian. Aspek ini terbagi atas kepuasan peserta didik akan dosen, fasilitas serta sistem penilaian. Alhamdulillah, UMM mampu membukukan nilai yang sangat tinggi di angka 85-90 di masing-masing poin dan menjadi peringkat empat di aspek teaching and learning," ungkapnya.

Aspek kedua, yakni riset yang memiliki porsi sebesar 15 persen dari penilaian. Data Google Scholar para dosen, artikel dan makalah, serta sitasi dosen sangat berperan dalam mendukung tingginya nilai yang diperoleh. UMM mendapat angka di kisaran 82 hingga 87 dalam aspek riset yang mengantarkan UMM bertengger di nomor dua se-ASEAN.

Hal itu, kata Suparto, membuktikan bahwa sivitas akademika memiliki semangat yang luar biasa untuk meneliti dan memberikan inovasi baru sehingga dapat maksimal dalam memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Predikat kampus peringkat enam se-Asia Tenggara ini menjadi raihan yang membanggakan. Namun jangan sampai kita terlena, malah sebaliknya harus meningkatkan berbagai aspek yang dirasa kurang. Sehingga mampu memberikan hasil maksimal, terutama peringkat UMM di mata dunia," ucapnya.

Read Next