logo

Beasiswa

Yuk, Lanjut Studi Seni di Korea National University of Arts dengan 2023 AMA+ Scholarship!

Yuk, Lanjut Studi Seni di Korea National University of Arts dengan 2023 AMA+ Scholarship!
2023 AMA + Scholarship Korea National University of Arts. (Istimewa)
Redaksi, Beasiswa30 Mei, 2022 15:24 WIB

Eduwara.com, SOLO – Pendaftaran 2023 Art Major Asian plus (AMA + ) Scholarship dibuka pada 30 Mei 2022 hingga 10 Juni 2022. 

Beasiswa 2023 AMA + Scholarship adalah bantuan dari Kementerian Kebudayaan Olahraga dan Pariwisata Republik Korea yang diprakarsai untuk mendukung siswa dengan bakat seni dari negara berkembang untuk melakukan studi lanjutan di Universitas Seni Nasional Korea.

Melansir pengumuman resminya, 2023 AMA + Scholarship adalah inisiatif yang dilakukan oleh Universitas Seni Nasional Korea dengan tujuan mendidik siswa untuk menyebarkan seni Asia ke dunia sebagai pemimpin pendidikan global dengan mempromosikan pengembangan elit artistik dengan hibah beasiswa penuh.

Penerima beasiswa akan menerima beberapa manfaat yaitu tiket pesawat kelas ekonomi Korea yang diberikan dua kali ketika keberangkatan pertama dan kelulusan. Kemudian mendapatkan tunjangan bulanan sebesar 800.000 won korea, dan pelatihan bahasa Korea secara intensif selama 4 bulan sebelum masuk perkuliahan.

Selain itu juga mendapatka cakupan penuh biaya pendidikan khusus semester reguler, asuransi kesehatan dari Korea’s National Health Insurance, serta tunjangan kedatangan sebesar 200 ribu KRW yang diberikan ketika pertama kali masuk ke Korea.

Pendaftar beasiswa merupakan pemegang kewarganegaraan negara penerima Official Development Assistance (ODA) oleh Development Assistance Committee (DAC), di mana salah satunya adalah Indonesia. 

Selanjutnya pendaftar harus telah menyelesaikan atau diharapkan telah menyelesaikan pendidikan menengah atau program sarjana sebelum masuk ke K-Arts. Pelamar yang mendaftar untuk program sarjana harus memiliki ijazah sekolah menengah.

Lebih lanjut, pendaftar juga harus memenuhi keterampilan dan bakat yang dibutuhkan melalui penyerahan portofolio yang dipersyaratkan oleh masing-masing jurusan, kecuali jika tertulis “portofolio tidak diperlukan”. 

Penerima beasiswa dijadwalkan tiba di Korea dan mengikuti pelatihan bahasa Korea sebelum mengikuti program gelar kecuali jika dia sudah memegang TOPIK level 6. Semua penerima beasiswa diharapkan untuk masuk Korea pada akhir Oktober 2022 sementara TOPIK level 6 pemegang dibebaskan untuk mengikuti pelatihan bahasa.

Adapun jadwal 23 AMA + Scholarship sebagai berikut:

1. 30 Mei-10 Juni 2022 : Pendaftaran beasiswa secara online. Tautan pendaftaran akan dibuka mulai 30 Mei dan ditutup pada 10 Juni tengah malam. Semua dokumen aplikasi harus diserahkan selama periode ini.

2. 1 Juli 2022 : Pemberitahuan jadwal tes bahasa Korea dan rilis informasi

3. 19-21 Juli 2022 : Tes Bahasa Korea. Tes akan diadakan secara online dan tanggal atau waktu akan diatur secara individual.

4. Agustus 2022 : Tinjauan & Wawancara Departemen (Opsional)

5. September 2, 2022 : Pemberitahuan penerima akhir

6. September 2022 : Pengajuan Dokumen Permohonan Asli via pos/langsung

7. 30-31 Oktober 2022 : Pemberangkatan ke Korea

8. November 2022-Februari 2023 : Pelatihan bahasa Korea sebelum perkuliahan

Informasi lengkap mengenai alur pendaftaran, dokumen yang diperlukan, daftar dan ketentuan portofolio, dan formulir pendaftaran bisa dilihat melalui laman web resmi 23 AMA + Scholarsip. (K. Setia Widodo)

Read Next