Prodi Pendidikan Matematika UMBY Raih Akreditasi Unggul dari Lamdik

18 November, 2022 16:48 WIB

Penulis:Setyono

Editor:Bunga NurSY

image (51).png
Program Studi S-1 Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) raih akreditasi 'Unggul' dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan. (UMBY)

Eduwara.com, JOGJA - Program Studi  S-1 Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) raih akreditasi 'Unggul' dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan.

Berdasarkan surat No. 578/SK/LAMDIK/Ak/S/XI/2022, status akreditasi 'Unggul; menjadi pembuktian atas kualitas dan prestasi program studi Pendidikan Matematika dalam memajukan pendidikan dan menghasilkan SDM unggul.

Rektor UMBY Agus Slamet berharap raihan  akreditasi ini menjadi pedoman para civitas akademik melaksanakan tugas serta menjadi bahan evaluasi meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Pretasi ini akan memberikan semangat pada prodi-prodi lain kedepannya di UMBY untuk semangat meraih akreditasi unggul, yang saat ini sebagian besar sudah meraih akreditasi A," tutur Agus Slamet, Jumat (18/11/2022).

Dekan FKIP UMBY Nuryadi menerangkan predikat Unggul merupakan predikat paling tinggi pada sistem akreditasi saat ini. Dibutuhkan syarat khusus serta waktu yang panjang dan perjuangan yang besar dari semua civitas akademika di dalamnya.

"Akan tetapi, hal itu bisa disiapkan dan dilalui dengan baik berkat kekompakan dan totalitas ikhtiar dari keluarga besar prodi Pendidikan Matematika dan dukungan dari fakultas maupun universitas," ungkap Nuryadi.

Kaprodi Pendidikan Matematika UMBY Nafida Hetty Marhaeni menyatakan salah satu faktor pendukung dalam meraih akreditasi Unggul adalah banyaknya luaran (output) dari mahasiswa di tingkat internasional, maupun kancah nasional.

"Torehan prestasi mahasiswa Pendidikan Matematika, FKIP UMBY menjadi kontradiksi dengan persepsi di masyarakat bahwa matematika adalah "momok" karena mata pelajaran yang susah, rumit, dan membosankan," kata Nafida.

Prestasi di kancah internasional mahasiswa pendidikan matematika UMBY menjadi pemakalah dalam beberapa seminar internasional, antara lain Multidisciplinary International Conference pada Februari 2022, International Conference on Education Innovation and Social Science pada Juni 2022, ASES: International Conference on Social Science pada 19-21 Agustus yang diselenggarakan di Kayseri, Turki, dan ASES: International Conference Social Science pada 14-16 Oktober 2020 di Canakkale, Turki.

Selain itu, Pendidikan Matematika UMBY juga memiliki unggulan lain yaitu student mobility dan sertifikat kompetensi nonakademik pendamping ijazah.

Ditingkat Nasional, pada 2022 hingga bulan November, sudah ada 10 raihan prestasi mahasiswa tingkat internasional, 12 raihan lolos program MBKM yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek, 11 raihan Hak Kekayaan Intelektual atas produk yang dibuat, lebih dari 50 publikasi mahasiswa di prosiding dan jurnal nasional terakreditasi Sinta 4-5.

Di tahun ini pula Prodi Matematika menyumbang juara harapan 4-5 Microteaching yang diselenggarakan UNS, juara harapan 1 lomba menulis artikel populer yang diselenggarakan Magister Pendidikan Matematika UAD, lolos menulis Puisi bareng Kick Andy, 1 judul PKM-KC lolos pendanaan DIKTI, dan prestasi-prestasi lainnya.