logo

Kampus

14 Mahasiswa UMY Tempuh Kuliah Enam Bulan di Luar Negeri

14 Mahasiswa UMY Tempuh Kuliah Enam Bulan di Luar Negeri
Sebanyak 14 mahasiswa International Program for Islamic Economics and Finance (IPIEF) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FEB UMY), akan menempuh pendidikan selama enam bulan ke depan atau satu semester di berbagai universitas di luar negeri. (EDUWARA/Dok. UMY)
Setyono, Kampus03 Februari, 2023 20:43 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Selama enam bulan ke depan atau satu semester, 14 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan menempuh pendidikan di berbagai universitas di luar negeri.

Para mahasiswa ini berasal dari International Program for Islamic Economics and Finance (IPIEF) yang diadakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMY.

Dekan FEB UMY Rizal Yaya menjelaskan student exchange menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk memperluas jaringan, baik jaringan dengan sesama mahasiswa, dosen maupun dengan universitas yang dituju.

"Awal tahun ini, FEB UMY melepas 14 mahasiswa untuk melakukan studi ke perguruan tinggi mitra di luar negeri yaitu Jepang, Malaysia, Korea dan Taiwan yang dilakukan secara offline maupun online selama satu semester atau enam bulan," jelas Rizal Yaya, Jumat (3/2/2023).

Jumlah mahasiswa yang mengikuti student exchange tersebut adalah yang terbanyak pasca pandemi, karena saat pandemi, hampir semua universitas meniadakan pelaksanaan student exchange secara offline.

"Berangkatnya ada yang akhir Januari kemarin, awal, pertengahan dan akhir Februari mendatang. Tapi kami lepas mereka secara bersama-sama, karena setiap kampus berbeda-beda waktu mulai kuliahnya. Tapi rata-rata perkuliahan dimulai di bulan Februari ini," imbuh Rizal.

Salah satu perwakilan peserta student exchange yang akan berangkat ke Korea, Nuha Adena Zahra menuturkan tidak mudah mengikuti pertukaran pelajar tersebut.

"Karena tidak semua kampus bisa menerima mahasiswa asing dalam program student exchange. Jadi saya ambil saja kesempatan ini, walaupun dari awal seleksi berkas sampai proses kelengkapan regulasi untuk kampus tujuan memakan waktu cukup lama," tutur Nuha.

Dalam program student exchange, Nuha juga turut membawa misi memperluas jaringan perkenalan UMY, khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Di universitas yang dituju, mahasiswa diminta mengadakan semacam perkenalan terkait apa itu UMY, gedung, dan program menarik yang ada di UMY lewat agenda makan malam bersama dan melakukan sharing session.

"Selain itu, kami juga akan memperkenalkan budaya Indonesia yang nantinya akan menarik mereka untuk melakukan student exchange juga ke UMY," imbuhnya.

Read Next