logo

Beasiswa

27 Prodi UMY Masuk Dalam Skema Beasiswa BPI Kemendikbudristek

27 Prodi UMY Masuk Dalam Skema Beasiswa BPI Kemendikbudristek
Kampus UMY. Pada tahun ini, terdapat 27 prodi di UMY yang menjadi tujuan penerima program BPI dari Kemendikbudristek. (EDUWARA/Dok. UMY)
Setyono, Beasiswa27 Mei, 2024 19:36 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Sebanyak 27 program studi (prodi) yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada tahun ini menjadi tujuan penerima program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kepala Admisi UMY, Imam Suprabowo, Sabtu (25/5/2024) mengatakan dalam program BPI tahun ini ada perbedaan dalam variasi prodi yang bisa dipilih penerima.

“Jika tahun lalu kebanyakan adalah Pascasarjana maka tahun ini, program Vokasi, Strata 1 (S1), Strata 2 (S2), dan Strata 3 (S3) dimasukkan sehingga terdapat total ada 27 prodi yang masuk program BPI,” jelasnya.

Dipaparkan Imam, kehadiran program BPI di UMY bertujuan dapat menjangkau para calon mahasiswa berprestasi untuk berkesempatan kuliah. Tidak terdapat persyaratan khusus bagi penerima BPI Kemendikbudristek 2024 di UMY ini.

“Hanya saja, calon mahasiswa penerima wajib mengikuti dan memenuhi syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar pada laman BPI,” terangnya.

Disebutkan pula oleh Imam, durasi waktu bagi penerima BPI berbeda berdasarkan masing-masing program di UMY. Untuk pendidikan di Program Vokasi, S1, dan S3 maksimal ditempuh 4 tahun, sedangkan pada S2 ditempuh 2 tahun.

“Kami berharap melalui program BPI ini banyak banyak calon mahasiswa UMY dari berbagai daerah di Indonesia,” ucapnya.

Adapun prodi UMY yang masuk skema BPI Kemendikbudristek 2024 adalah Program Vokasi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Otomotif. Kemudian di Program S1 terdapat Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Pendidikan Agama Islam (PAI), Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, Agroteknologi, dan Agribisnis.

Prodi lainnya di Program S1 adalah Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Hubungan Internasional (HI), Ilmu Pemerintahan (IP), Ilmu Komunikasi (IK), Hukum, Kedokteran, Keperawatan, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknologi Informasi.

Untuk Program S2 ada Magister Administrasi Rumah Sakit, Magister Manajemen, Magister HI, Magister IP, Magister Teknik Sipil , sedang di Program S3 terdapat Doktor Politik Islam serta Doktor Psikologi Pendidikan Islam (PPI).

Panduan bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti program beasiswa ini dapat mengakses di website resmi BPI 2024.

Read Next