logo

Kampus

5G, Pendorong Prestasi Akademik dan Non Akademik Mahasiswa FIA UI

5G, Pendorong Prestasi Akademik dan Non Akademik Mahasiswa FIA UI
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) menginiasi pertemuan virtual dengan para orang tua/ wali mahasiswa dan membahas 5G yang dapat melejitkan potensi akademik dan non akademik mahasiswa. (EDUWARA/Humas UI)
Bhakti Hariani, Kampus21 Desember, 2021 19:23 WIB

Eduwara.com, DEPOK – Biasanya, 5G identik dengan dunia telekomunikasi, namun 5G yang satu ini malah dapat mendorong prestasi akademik dan non akademik bagi mahasiswa yang harus dipahami oleh orang tua.

5G yang dimaksud disini adalah Gema, Gesit, Genius, Garcep, dan Gaspol (5G). Istilah ini digunakan oleh Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) saat mengadakan pertemuan dengan para orang tua mahasiswa dari Angkatan 2021, dalam sebuah acara seremoni virtual yang menandai masuknya mereka sebagai anggota keluarga besar fakultas tersebut, baru-baru ini.

Dalam acara tersebut, dilaksanakan beberapa agenda, antara lain sosialisasi mengenai sistem akademik, penyampaian informasi tentang aktivitas perkuliahan, serta ajakan agar orang tua mahasiswa bergabung dalam Ikatan Orang Tua Mahasiswa FIA UI (IOM FIA UI).

Dekan FIA UI Chandra Wijaya mengatakan tidak mudah untuk menjadi sivitas akademika UI. “Dengan dukungan dari Bapak dan Ibu, semoga kelak putra/putri Bapak dan Ibu dapat lulus tepat waktu dengan prestasi yang optimal, baik pada tataran akademis maupun non akademis,” kata Chandra dalam siaran pers yang dikirimkan Kantor Humas dan KIP UI ke Redaksi Eduwara.com, Selasa (21/12/2021). 

Oman Sukmana selaku pengurus IOM FIA UI memaparkan IOM FIA UI merupakan salah satu komponen penting dalam kesuksesan fakultas tersebut, yang bertujuan mendorong keterlibatan peran orang tua/ wali untuk berkolaborasi, bersinergi dengan pimpinan FIA, dan alumni. 

“Bersama menjembatani dalam membimbing mahasiswa kami agar dapat berprestasi, baik akademik dan non-akademik, dan membawa nama FIA ke kancah global,” ujar Oman.

Sedangkan 5G yakni Gema, Gesit, Genius, Garcep, dan Gaspol (5G), dipaparkan Oman, bahwa Gema menfokuskan pada kegiatan memperkenalkan FIA. Sedangkan Genius yang berarti gerakan FIA unggul dan sukses melalui dukungan kegiatan pengembangan untuk mahasiswa.

“Kemudian Gesit adalah Gerakan Sinergi orang tua bersama FIA, LK, dan alumni. Sedangkan Gercep yaitu gerakan bantu atasi pandemi, dan Gaspol adalah gerakan memaksimalkan seluruh potensi,” ujar Oman.

Dalam kegiatan pertemuan virtual ini, para mahasiswa berprestasi (mapres) dan alumni menyampaikan bahwa kuliah di FIA UI merupakan kesempatan emas untuk mengembangkan diri, dari segi akademis dan non-kademis, karena didukung kurikulum pendidikan yang sesuai dengan zaman, dosen yang berkualitas, dan fasilitas yang memadai. Peran orang tua di rumah (ayah-ibu), dan “orang tua” di kampus (dosen) sangat dibutuhkan dalam mendampingi proses belajar para mahasiswa tersebut. 

Read Next