logo

Kampus

50 Persen Dosen UMBY Ditarget Bergelar Doktor

50 Persen Dosen UMBY Ditarget Bergelar Doktor
Rektor UMBY Agus Slamet menargetkan dalam dua-tiga tahun mendatang minimal 50 persen dosen UMBY sudah bergelar doktor. (EDUWARA/Dok. UMBY)
Setyono, Kampus02 Mei, 2023 21:20 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Agus Slamet, mengatakan dalam dua-tiga tahun mendatang pihaknya menargetkan minimal 50 persen dosen UMBY sudah bergelar doktor.

Untuk memenuhi target itu, UMBY mendorong para dosen untuk mencari beasiswa dan memberi dukungan pembiayaan pendidikan.

"Kami melakukan ini untuk mewujudkan visi UMBY, menjadi kampus yang unggul dan sebagai upaya meningkatkan kualitas kampus," kata Agus, Selasa (2/5/2023).

Dari total 135 dosen yang tersebar di tiga kampus UMBY, lanjut Agus, saat ini baru sekitar 23 dosen yang meraih gelar doktor. Pada akhir 2026 nanti, pihak kampus menargetkan setidaknya 40-50 persen dosen sudah bergelar doktor.

Menurut Agus, untuk meningkatkan mutu dan kualitas UMBY, pihaknya tidak hanya meminta para dosen untuk menempuh pendidikan S3. Namun, pihaknya juga memacu para dosen meningkatkan jabatan fungsional.

Agus menambahkan, tidak hanya sumber dana dari beasiswa saja para dosen bisa melanjutkan pendidikan, pihak kampus juga menyediakan anggaran untuk mereka melanjutkan pendidikan.

"Kami sadar tantangan perguruan tinggi tidaklah ringan pada era global sekarang ini. Sehingga, untuk mewujudkan UMBY yang unggul diperlukan sinergi dari civitas akademika dan tentunya dukungan dari instansi pemerintah serta masyarakat khususnya yang berada di wilayah kampus," ujarnya.

Penambahan Sarana Prasarana

Dari sisi fasilitas, Agus mengatakan pihaknya sejak tahun lalu terus mengembangkan berbagai sarana prasarana untuk menunjang pendidikan bagi mahasiswa berupa kelas, laboratorium maupun pusat-pusat praktik studi. Salah satunya adalah hadirnya pusat olahraga yang nanti bisa dipergunakan untuk praktik mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Keolahragaan.

Agus juga menambahkan pihaknya berbangga karena mahasiswa berhasil memenangkan tiga hibah Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) pada tahun lalu.

"Tahun ini  baru saja diumumkan lima proposal PPK Ormawa menuju tahapan seleksi akhir. Semoga kelimanya bisa lolos seleksi akhir dan memperoleh dana hibah. Ini prestasi, sebab tidak banyak yang bisa masuk di sana. Tahun ini saja tercatat ada 600 proposal dari 100 PTN/PTS se Indonesia," katanya.

Selain itu, masih ada prestasi akademik lainnya, seperti tiga Prodi memperoleh hibah Program Kompetensi Kampus Merdeka pada 2023, yaitu Agroteknologi, Psikologi dan Pendidikan Matematika.

Read Next