logo

Kampus

81 PTS di DIY Sudah Terakreditasi

81 PTS di DIY Sudah Terakreditasi
Kepala LLDikti Wilayah V DIY Aris Junaidi saat mendampingi Ketua APTISI Fathul Wahid saat meluncurkan program PMB Bersama Jogjaversitas, Senin (27/2/2023). (EDUWARA/K. Setyono)
Setyono, Kampus27 Februari, 2023 22:10 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V, Aris Junaidi mengatakan 81 persen perguruan tinggi swasta (PTS) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah terakreditasi.

Sedangkan dari 704 program studi (prodi) di PTS, LLDikti V mencatat baru sebanyak 71 atau 10 persen yang sudah terakreditasi Unggul, A maupun B. Sedangkan sisanya dalam proses akreditasi terutama pada prodi baru yang ditawarkan PTS.

"Di wilayah V ada sebanyak 100 PT. Dimana potensinya sebanyak 81 sudah terakreditasi dengan rincian akreditasi A dan sebanyak 42 sudah terakreditasi B,” jelas Aris dalam peluncuran PMB Bersama Jogjaversitas, Senin (27/2/2023).

Di semua PTS tersebut, LLDikti mencatat ada sebanyak 704 prodi yang semuanya sudah terakreditasi sehingga bisa menerima pendaftaran mahasiswa baru dan melaksanakan proses pembelajaran.

Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 14 prodi yang terakreditasi Unggul, kemudian ada 14 prodi yang terakreditasi A dan 43 prodi terakreditasi B.

"Bagi yang belum, kami memberikan kesempatan untuk mengurus proses akreditasi terutama bagi prodi baru. Kami mengapresiasi PTS di DIY yang aktif dan progresif membuka prodi baru," lanjut Aris.

Aris juga sempat menerangkan ada beberapa prodi yang ditutup atau dilebur dengan prodi lainnya karena melakukan pelanggaran berat dan bersifat lama, seperti tidak ada mahasiswanya serta mata kuliahnya tidak jelas.

"Pelanggaran cukup banyak dan buktinya cukup kuat sekali sehingga itu ditutup oleh Kemendikbudristek untuk menjaga mutu pendidikan," jelasnya singkat.

Dilansir dari laman resminya, LLDikti menargetkan terwujudnya peningkatan jumlah perguruan tinggi dengan Peringkat Akreditasi Unggul di DIY. Salah satu langkahnya adalah membentuk konsorsium perguruan tinggi dengan Peringkat Akreditasi Unggul dan Peringkat Akreditasi A.

Sedangkan langkah awal yang dilakukan yaitu melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu eksternal perguruan tinggi untuk segmen perguruan tinggi dengan Peringkat Akreditasi A.

Secara teknis perguruan tinggi dengan peringkat akreditasi Unggul akan berbagi praktik baik dan pengalaman dalam mencapai perguruan tinggi dengan peringkat akreditasi A.

"Diharapkan setelah ini perguruan tinggi dengan peringkat akreditasi A segera mengusulkan instrumen suplemen konversi ke peringkat Unggul. Sehingga jumlah perguruan tinggi dengan peringkat akreditasi Unggul semakin bertambah," tulis Aris.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengatakan tiga PTS di DIY yang berstatus akreditasi Unggul, yaitu Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Politeknik YKPN.

Read Next