logo

Kampus

91 Persen Mahasiswa UMBY Raih IPK di Atas 3,00

91 Persen Mahasiswa UMBY Raih IPK di Atas 3,00
Sebanyak 689 mahasiswa UMBY angkatan Sarjana ke-45 dan Pascasarjana ke-20 diwisuda pada Sabtu (29/10/2022). Hampir 91 persen meraih IPK di atas 3,00. (EDUWARA/Dok. UMBY)
Setyono, Kampus01 November, 2022 23:40 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), menggelar Wisuda Sarjana ke-45 dan Pascasarjana ke-20 pada Sabtu (29/10/2022) dalam dua sesi. Dari total 689 mahasiswa yang diwisuda, hampir 91 persen meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,00.

Rektor UMBY Agus Slamet, Selasa (1/11/2022) melaporkan wisudawan pada periode Oktober 2022 yang memperoleh IPK lebih dari 3,00 sebanyak 91 persen. Sedangkan jumlah wisudawan yang berpredikat cumlaude atau dengan pujian sebanyak 313 orang atau  45,42 persen.

"689 wisudawan yang diwisuda kemarin terdiri dari sarjana strata satu 655 orang, dan 34 orang pascasarjana strata  dua. Mereka resmi bergabung dengan 18.330 alumni dari kampus yang dulunya bernama Universitas Wangsa Manggala," kata Agus.

Capaian yang diperoleh wisudawan kali ini, menurut Agus, merupakan perwujudan bentuk tanggung jawab UMBY pada harapan pendiri Probosutedjo yaitu 'Angudi Mulyaning Bangsa' kepada bangsa dan negara Indonesia.

"Dengan jumlah kelulusan tersebut, maka UMBY mampu mempersembahkan lulusan kepada bangsa," jelasnya.

Terkait dengan lulusan S1 terbaik, Agus menyatakan diraih dari Program Studi Pendidikan Matematika dengan nama wisudawan Sevina Indriani dengan IPK 3,98. Sedangkan penghargaan Lulusan Terbaik IPK Tertinggi Program Pascasarjana, dari Program Studi Magister Ilmu Pangan, Siti Munawaroh dengan IPK 3,93.

Sevina Indriani lulusan terbaik universitas dari Prodi Pendidikan Matematika mewakili wisudawan mengungkap wisuda bukan merupakan akhir perjuangan, melainkan merupakan titik awal untuk membuka pintu keberhasilan.

"Saya mengajak seluruh rekan bersama memberikan kontribusi terbaik bagi agama, nusa, dan bangsa dengan ilmu yang telah didapatkan. Dengan kerja keras dan tanggung jawab sesuai keilmuan dan profesi, kita tidak hanya akan menghadapi masa, depan tetapi kita menjadi masa depan untuk hadir menjawab seluruh persoalan kehidupan," katanya.

Suatu hal yang mengharukan yakni adanya salah satu wisudawati asal Brebes, Desi Ratnasari dari Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen yang diantar oleh keluarga besar serta warga sekitar tempat tinggalnya sebanyak 80 orang.

Rombongan datang menggunakan satu bus besar dan satu minibus. Usai prosesi wisuda, mereka syukuran rekreasi ke Pantai Parangtritis dan Malioboro.

"Ini salah satu wujud rasa syukur dan bahagia kami. Keluarga Bapak Karwan mengajak rombongan untuk rekreasi, sebagai bagian dari rasa syukur, putrinya bernama Desi Ratnasari di wisuda pada hari ini," ungkap Nia, adik sepupu dari Desi

Kepala LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta, Aris Junaidi, menyampaikan sebagai generasi muda di era industri 4.0 ini di mana hampir semua aspek kehidupan serba digital dan otomatisasi, para alumni UMBY harus pandai dan jeli memanfaatkan teknologi digital untuk menangkap peluang usaha baru. Era digital ini tidak akan berdampak jika tidak diimbangi dengan kualitas generasi muda yang unggul. 

Read Next