logo

Kampus

Akhmad Sodiq Terpilih Jadi Rektor Unsoed Periode 2022-2026

Akhmad Sodiq Terpilih Jadi Rektor Unsoed Periode 2022-2026
Guru Besar Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Akhmad Sodiq, terpilih sebagai Rektor Unsoed periode 2022-2026. Pemilihan Rektor Unsoed ini dilakukan dalam Rapat Senat Tertutup, Kamis (24/3/2022). Akhmad Sodiq, yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik Unsoed, memperoleh suara terbanyak, yaitu 76 suara. (EDUWARA/Humas Unsoed)
Redaksi, Kampus24 Maret, 2022 18:10 WIB

Eduwara.com, PURWOKERTO – Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Akhmad Sodiq, resmi terpilih sebagai Rektor Unsoed masa jabatan 2022-2026. Pemilihan Rektor Unsoed ini dilakukan dalam Rapat Senat Tertutup, Kamis (24/3/2022).

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unsoed, Isdy Sulistyo mengatakan, Ahmad Sodiq memperoleh suara terbanyak, yaitu 76 suara. Sedangkan dua calon lainnya, yaitu V Pihananto dan Totok Agung Dwi Haryanto, masing-masing memperoleh 38 suara dan 8 suara.

“Pemilihan Rektor Unsoed ditempuh dengan pemungutan suara oleh anggota senat dan perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek),” jelas Isdy Sulistyo, seperti dilansir dalam laman resmi Unsoed, Kamis (24/3/2022).

Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi selaku perwakilan Kemendikbudristek, Mohammad Sofwan Effendi, mengungkapkan bahwa dari ketiga calon Rektor Unsoed, semuanya memiliki kualifikasi dan kapasitas. Calon Rektor terpilih memiliki tugas yang tidak ringan.  

“Salah satu yang harus dilakukan Unsoed adalah menentukan misi deferensiasi. Misi deferensiasi ini yang nantinya akan membedakan antara Unsoed dengan yang lain. Centre of Exellence Unsoed harus dijabarkan hingga tingkat fakultas,” jelas Sofwan Effendi.  

Dalam jumpa pers, yang digelar usai Rapat Senat Tertutup, Akhmad Sodiq mengatakan akan meneruskan kebijakan yang telah dilaksanakan Rektor sebelumnya, yaitu Suwarto.

“Saya sebagai penerusnya. Program yang telah dicanangkan, akan kita lanjutkan. Salah satu isu yang sangat penting adalah isu transformasi pendidikan tinggi untuk menjawab tantangan ke depan,” jelas Sodiq.

Saat ini, Akhmad Sodiq masih menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik Unsoed. Saat pemaparan Visi dan Misi Calon Rektor, Sodiq memiliki tagline ‘Merdeka-Maju-Mendunia dengan SMART’.

Guru Besar Fakultas Peternakan Unsoed ini merupakan alumni S1 Unsoed. Pendidikan S2 ditempuh Sodiq di George-August University, Germany. Sedangkan pendidikan S3 ditempuh Sodiq di Kassel University, Germany. Sodiq juga aktif mengikuti berbagai konferensi ilmiah di Perancis dan Belanda serta beberapa negara lain.  

Setelah rangkaian proses Pemilihan Rektor Unsoed selesai, maka saat ini tinggal menunggu waktu Pelantikan Rektor Unsoed terpilih.

Read Next