logo

Kampus

Awal 2023, Prodi PBI UMBY Raih Akreditasi Unggul

Awal 2023, Prodi PBI UMBY Raih Akreditasi Unggul
Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDik). Prestasi ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 881/SK/LAMDIK/Ak/S/XII/2022. (EDUWARA/Dok. UMBY)
Setyono, Kampus03 Januari, 2023 22:59 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDik). Prestasi ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 881/SK/LAMDIK/Ak/S/XII/2022.

Dalam rilis, Selasa (3/1/2022), Ketua Program Studi PBI UMBY Elysa Hartati, mengatakan raihan prestasi ini mendatangkan jurusan yang berdiri pada 2009 membuktikan kualitasnya sebagai program studi yang unggul.

"Prestasi ini juga mengabarkan bahwa kami adalah prodi yang berwawasan internasional melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan mengedepankan edutechpreneurship untuk menghasilkan lulusan yang berintegritas," jelasnya.

Sebelum penilaian akreditasi unggul, Elysa menyatakan pihaknya telah memiliki 100 persen dosen tetap program studi (DTPS) yang memiliki prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Keberadaan dosen dengan status DTPS berdampak pada hadinya kurikulum di prodi PBI menggunakan skema modern dan futuristik melalui pendekatan Factual, Conceptual, Procedural, Metacognitive (FCPM) pada setiap kegiatan pembelajaran.

Sehingga setiap perkuliahan berlangsung dalam suasana pembelajaran berbasis luaran secara holistik, interaktif, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, dan kolaboratif.

"Terbukti pada 2021, PBI mendapatkan juara I di tingkat universitas pada penyusunan kurikulum dengan Outcome based Education (ObE) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Demikian juga di 2022, kita meraih juara I pada lomba implementasi MBKM," lanjutnya.

Tak hanya itu, keberhasilan lainnya adalah program training for teachers dengan tema penggunaan bahasa Inggris di dalam kelas pembelajaran untuk guru-guru di SMP Warga Surakarta yang berlangsung selama empat (4) bulan.

PBI UMBY telah mampu menyelenggarakan student exchange ke luar negeri dengan mendelegasikan mahasiswa dalam program SEA-Teacher. Ada tujuh (7) mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan tersebut dengan penempatan di Filipina dan Thailand.

"Kemudian ada dua mahasiswa yang mendapatkan beasiswa luar negeri melalui program Access dari Regional English Language Office (RELO), Kedutaan Amerika Serikat," jelasnya.

Dekan FKIP UMBY Nuryadi bersyukur karena program studinya menjadi unggul di bidang edutech preneurship. Semoga capaian yang telah diraih semakin meningkatkan kepercayaan publik terhadap PBI UMBY

"PBI UMBY benar-benar membuktikan kualitasnya. Ini dibuktikan dengan prestasi di akhir tahun kemarin sebagai juara I pada perolehan Audit Mutu Internal terbaik di tingkat universitas serta juara I kelengkapan data kuantitatif oleh Biro Akreditasi," pungkasnya.

Read Next