logo

Sekolah Kita

Gedung Sekolah Selesai Direhab, Siswa SMPN 21 Solo Boyongan

Gedung Sekolah Selesai Direhab, Siswa SMPN 21 Solo Boyongan
Kirab boyongan menempati gedung baru SMPN 21 Solo, Senin (2/1/2023). (Eduwara/K.Setia Widodo)
Redaksi, Sekolah Kita02 Januari, 2023 15:49 WIB

Eduwara.com, SOLO – Permulaan tahun baru 2023 menjadi awal yang membahagiakan bagi warga Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 21 Solo. Pasalnya, gedung sekolah yang dalam beberapa bulan terakhir direhabilitasi sudah selesai dan siap ditempati untuk kegiatan belajar mengajar.

Menyambut hal tersebut, pada Senin (2/1/2023), seluruh siswa, guru, dan tenaga kependidikan SMPN 21 Solo melakukan kirab boyongan dari eks SMPN 13 Solo di daerah Warung Pelem menuju gedung sekolahan di Kampung Sewu.

Kepala SMPN 21 Solo Mulyono menuturkan kirab tersebut menjadi momentum kepada siswa guna memunculkan semangat baru.

"Karena setahun ini kami transit di eks SMPN 13 Solo. Kami belajar di sana dengan kondisi yang mana sebenarnya tidak memenuhi kesesuaian kelas sehingga menggunakan sistem shift yang tentu tidak mudah. Oleh karena itu untuk memberi rasa syukur bagi anak-anak dengan boyongan ke Kampung Sewu supaya semangat belajarnya bertambah di tahun ini," ujar dia kepada Eduwara.com, Senin (2/1/2023) di sela-sela acara.

Kirab, sambung dia, turut menampilkan ekstrakurikuler yang ada di SMPN 21 Solo. Misalnya tari, karawitan, dan Paskibraka. Selain para siswa yang mengikuti ekskul tersebut, mereka mengenakan seragam olahraga.

Mulyono menambahkan, pembangunan gedung dimulai sejak sekitar Juli 2022 dan selesai pada Desember 2022. Selain ruang kelas, terdapat tambahan fasilitas berupa aula sekolah, laboratorium yang representatif untuk TIK, Bahasa, dan IPA. Selain itu, fasilitas toilet pun lebih baik daripada yang sebelumnya.

"Ada dua pembangunan dari Pemerintah Kota Solo. Tahap pertama sudah selesai, untuk tahap dua yakni pembangunan lapangan dan jalan masuk sekolah. Pembangunan dilakukan di tahun 2023. Untuk bulannya belum bisa saya sampaikan, karena ada proses tender dan sebagainya. Naum sudah masuk tahap Detail Engineering Design (DED)," kata dia.

Pantauan Eduwara.com, kirab dimulai sekitar pukul 07.30 WIB dengan melewati Jalan Urip Sumoharjo menuju Pasar Gedhe. Kirab kemudian berbelok ke arah timur melalui Jalan RE Martadinata menuju Kampung Sewu. Di barisan terdepan setelah pembawa spanduk, terdapat Paskibraka yang membawa bendera merah putih, disusul para guru sebanyak 40 orang dan pengurus OSIS.

Kemudian dilanjutkan gunungan sebanyak 21 buah yang dibawa ketua kelas, siswa memakai kostum tari kidang dan jaranan, rombongan prajurit sebanyak 21 siswa, pembawa gamelan, siswa berpakaian seragam olahraga, dan sepeda hias. Sesampainya di gedung sekolah, mereka berkumpul di depan aula dilanjutkan selamatan bersama.

Ketua Komite SMPN 21 Solo Sugiyanto dalam sambutannya menuturkan dengan gedung sekolah yang baru diharapkan pembelajaran lebih meningkat mengingat sarana prasarana sudah tersedia. (K. Setia Widodo)

Tags:SEKOLAH

Read Next