logo

Kampus

Bantu Petani, Dosen UNY Bangun PLTS di Persawahan Sleman

Bantu Petani, Dosen UNY Bangun PLTS di Persawahan Sleman
Bantu Petani, Dosen UNY Bangun PLTS di Persawahan Sleman (UNY)
Setyono, Kampus10 Oktober, 2022 16:36 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Dua dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menghadirkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk membantu sistem irigasi petani di Sleman. Konsep ini dihadirkan untuk mengurangi besarnya biaya produksi.

Tim yang terdiri dari Muhammad Luthfi Hakim dan Alex Sandria Jaya Wardhana membangun PLTS bagi kalangan petani di Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan dan peresmian operasi dilakukan Sabtu (8/10/2022).

"Ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat. PLTS yang kami bagun dipergunakan untuk menghidupkan pompa sebagai sarana mengalirkan air dari sumber setempat sebagai irigasi utama persawahan," jelas Luthfi.

Sebelumnya, papar Luthfi para petani mengeluhkan borosnya biaya produksi yang disebabkan besarnya yang dikeluarkan akibat penggunaan bahan bakar minyak.

Kehadiran PLTS ini sebagai upaya tim UNY dalam inisiatif pengembangan energy terbarukan.

Luthfi dan Alex sangat berharap pembangunan PLTS ini memberikan dampak besar bagi petani khususnya dalam hal efisiensi penggunaan bahan bakar minyak.

"PLTS ini juga membuktikan bahwa UNY sangat berkomitmen pada pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam pengembangan energi terbarukan," tegasnya.

Mewakili petani setempat, Ngatija mengucapkan terima kasih atas hadirnya PLTS di area persawahan mereka.

"Jelas, ini sangat berharga bagi kami karena proses pengairan sawah jadi lebih cepat, hemat dan mudah," ujar Ngatija.

Read Next