logo

Beasiswa

BAZNAS Buka Beasiswa Bantuan Riset bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

BAZNAS Buka Beasiswa Bantuan Riset bagi Mahasiswa Tingkat Akhir
Beasiswa Riset BAZNAS 2022. (EDUWARA/@lembagabeasiswabaznas)
Redaksi, Beasiswa05 September, 2022 14:50 WIB

Eduwara.com, SOLO – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membuka pendaftaran beasiswa riset hingga Senin (26/9/2022). Beasiswa Riset BAZNAS adalah program beasiswa dengan memberikan bantuan dana riset tugas akhir untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan perkuliahannya.

Melansir pengumuman resminya, beasiswa tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa di jenjang pendidikan tinggi, baik Diploma, Sarjana maupun Pascasarjana. Riset proposal yang diajukan akan diseleksi oleh tim BAZNAS, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Direktorat Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Diktiristek), ataupun Badan Riset dan Inovasi Negara (BRIN).

Terdapat dua kategori beasiswa. Pertama, Riset Umum, merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa aktif yang sedang menyusun tugas akhir untuk menyelesaikan studi dan memperoleh gelar Diploma, S1, S2, S3. Kategori tersebut terbuka untuk Warga Negara Indonesia (WNI) di seluruh perguruan tinggi dan program studi dengan akreditasi minimal B oleh Badan Asesor Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).

Kedua, Riset Prodi Mazawa, yaitu beasiswa riset yang diberikan bagi mahasiswa aktif S1 di perguruan tinggi dengan program studi Manajemen Zakat dan Wakaf yang sedang menyusun tugas akhir untuk menyelesaikan studi dan memperoleh gelar S1. Kategori ini terbuka untuk WNI dan mahasiswa yang terdaftar di kampus mitra BAZNAS dan prodi Mazawa.

Fasilitas yang diberikan berupa dana untuk menunjang kebutuhan riset atau tugas akhir. Besaran untuk setiap kategori berbeda beda. Bagi kategori umum jenjang S1 akan mendapatkan bantuan Rp 4 juta. Untuk S2 sebesar Rp 7 juta, S3 sebesar Rp 10 juta, dan Diploma sebesar Rp 4 juta. Sedangkan untuk kategori prodi Mazawa akan mendapatkan bantuan Rp 4 juta.

Terdapat pula fasilitas tambahan pengembangan diri berupa pelatihan kepenulisan menuju jurnal, media massa, dan pemaparan kepada publik terhadap hasil riset yang telah diteliti. Penambahan tersebut diperuntukkan bagi peserta yang aktif dan berprestasi. Evaluasi akan dilakukan setiap semester. Selain itu, mereka juga akan tergabung menjadi bagian dari Ikatan Alumni Beasiswa BAZNAS bila telah lulus dan menyelesaikan risetnya.

Adapun jadwal pendaftaran Beasiswa Riset BAZNAS sebagai berikut, masa pendaftaran dibuka sejak 5 hingga 26 September 2022. Masa seleksi berkas dilakukan pada 26-30 September 2022. Sedangkan masa seleksi konten riset dilakukan pada 1-15 Oktober 2022.

Pengumuman kelulusan akan dilaksanakan pada 10 November 2022, sedangkan pendaftaran ulang, penandatanganan akad dan pencairan dijadwalkan pada 10-25 November 2022.

Informasi lanjut mengenai syarat umum dan masing-masing kategori, dokumen yang dibutuhkan, tema prioritas, format proposal penelitian yang disarankan, serta pranala formulir dan pendaftaran bisa dilihat di panduan Beasiswa Riset BAZNAS 2022. (K. Setia Widodo)

Read Next