logo

Beasiswa

Beasiswa K.C. Kuok, Tunjangan Penuh Kuliah Sarjana di Monash University Australia

Beasiswa K.C. Kuok, Tunjangan Penuh Kuliah Sarjana di Monash University Australia
Beasiswa K.C. Kuok, Tunjangan Penuh Kuliah Sarjana di Monash University Australia (K.C.Kuok)
Redaksi, Beasiswa25 April, 2022 13:45 WIB

Eduwara.com, SOLO – Ada kabar gembira bagi lulusan SMA sederajat yang berkeinginan menempuh perkuliahan di Monash University Australia. Pasalnya, perguruan tinggi terbaik ke-40 di dunia menurut US News and World Report itu membuka kesempatan berkuliah jenjang sarjana dengan tunjangan biaya penuh melalui Beasiswa K.C. Kuok.

Melansir pengumuman resminya, Beasiswa K.C. Kuok merupakan skema beasiswa bergengsi yang didanai dan dinamai salah seorang alumnus Monash University, Beau Kuok Khoon Chen. Beasiswa tersebut bertujuan untuk mengubah hidup dengan mendukung siswa yang kurang beruntung secara finansial dari Hong Kong, China, Indonesia, dan warga negara lainnya di Asia Tenggara wilayah untuk belajar di Monash University.

Penerima beasiswa akan mendapatkan biaya pendidikan, tunjangan sebesar 14.000 dolar Australia per tahun, serta akomodasi di kampus. Selain itu, penerima juga mendapatkan biaya visa pelajar, tambahan biaya untuk persiapan pindah tinggal (establishment) satu kali sebesar 3.000 dolar Australia pada tahun pertama, dan sekali penerbangan pulang-pergi pada tahun pertama.

Selain itu, penerima Beasiswa K.C. Kuok juga akan memiliki akses studi dan dukungan sosial, kesempatan untuk melamar magang, dan peluang lainnya dari Monash University. 

Program beasiswa tersebut menyasar siswa dari latar belakang kurang mampu yang memiliki minat untuk belajar di luar negeri. Pelamar harus menunjukkan bukti bahwa mereka tidak mampu membiayai pendidikan di luar negeri secara mandiri.

Perlu diperhatikan, untuk gelar ganda (double degree) tidak menjadi syarat untuk mendaftar beasiswa, pelamar yang sedang berkuliah di Monash University pun tidak diperbolehkan mendaftar. Kemudian pelamar harus memeriksa persyaratan untuk memastikan pemenuhan semua kemampuan bahasa Inggris dan persyaratan lainnya.

Adapun, jadwal Beasiswa K.C. Kuok sebagai berikut:

1. 17 Juli 2022: Batas Pendaftaran Beasiswa K.C. Kuok.

2. 21 Juli 2022: Hari terakhir pengiriman hasil akhir dari sekolah menengah ke Monash University.

3. 25 Juli 2022: Pengumuman pelamar putaran pertama dan wawancara online.

4. 1 Agustus 2022: Pengumuman final pelamar yang terpilih.

5. 6 Agustus 2022: Wawancara final secara online.

6. 10 Agustus 2022: Pembuatan penawaran beasiswa.

Informasi lengkap mengenai persyaratan, kriteria pendaftar, dan alur pendaftaran bisa membuka di laman resmi pengumuman Beasiswa K.C. Kuok 2022. (K. Setia Widodo)

Read Next