logo

Vokasi

Ini Politeknik Statistika STIS, Sekolah Kedinasan Ahli Statistik Indonesia

Ini Politeknik Statistika STIS, Sekolah Kedinasan Ahli Statistik Indonesia
Mahasiswa Politeknik Statistika STIS. (@polstatstis)
Redaksi, Vokasi18 April, 2022 15:05 WIB

Eduwara.com, SOLO – Politeknik Statistika STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ini. Apa saja yang ditawarkan kampus yang berlokasi di Jakarta Timur ini? 

Di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS), Politeknik Statistika STIS berkonsentrasi pada bidang statistika terapan dan komputasi statistik yang mampu menunjang Sistem Statistik Nasional maupun internasional.

Tahun ini, Politeknik Statistika STIS membuka mahasiswa baru yang berstatus ikatan dinas sebanyak 500 orang termasuk 10 orang program afirmasi wilayah khusus (Papua dan Papua Barat) dengan alokasi 100 mahasiswa (D3 Statistika), 250 mahasiswa (D4 Statistika), dan 150 mahasiswa (D4 Komputasi Statistik).

Sistem pendaftaran dilaksanakan secara online dan terpusat bersama sekolah kedinasan lainnya yakni melalui laman SSCASN Dikdin. Informasi lengkap terkait formasi penempatan CPNS, sistem seleksi, syarat dan prosedur pendaftaran, biaya, jadwal, dan ketentuan lain bisa diakses melalui laman web Politeknik Statistika STIS.

Selama perkuliahan, mahasiswa Politeknik Statistika STIS dibebaskan dari biaya pendidikan (tanpa uang saku) dan setelah lulus akan menjalani ikatan dinas dengan Badan Pusat Statistik (BPS) selama satu kali masa pendidikan ditambah satu tahun.

Terdapat tiga Program Studi (Prodi) di Politeknik Statistika STIS. Pertama, D3 Statistika. Lulusan Prodi tersebut diproyeksikan sebagai Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) yang merupakan ujung tombak kegiatan statistik di BPS. 

Seluruh Lulusan Prodi D3 Statistika berstatus ikatan dinas pada BPS. Setelah wisuda, lulusan segera diangkat sebagai Statistisi Terampil sebagai CPNS Golongan II/c di lingkungan BPS dan akan ditempatkan di kantor BPS di seluruh wilayah Indonesia, terutama di tingkat kabupaten/kota.

Kedua, D4 Statistika. Mahasiswa Prodi D4 Statistika berstatus ikatan dinas pada BPS, sehingga semua lulusannya diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan BPS dan siap ditempatkan di seluruh unit kerja BPS pusat, provinsi, kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia. Lulusan Prodi tersebut langsung diusulkan proses pengangkatannya sebagai Statistisi Ahli Pertama CPNS golongan III/a.

Terdapat dua bidang peminatan di Prodi D4 Statistika yakni Statistika Ekonomi serta Statistika Sosial dan Kependudukan. 

Ketiga, D4 Komputasi Statistik. Mahasiswa Prodi D4 Komputasi Statistik berstatus ikatan dinas di BPS sehingga setelah lulus akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil di BPS sebagai Pranata Ahli Komputer Ahli Pertama dengan golongan III/a dan akan ditempatkan di seluruh unit kerja BPS baik di pusat, kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia atau akan ditempatkan di kementerian/lembaga lain.

Umumnya lulusan Prodi D4 Komputasi Statistik ditempatkan pada bagian Integrasi dan Pengolahan Data Statistik (IPDS) yang membutuhkan sumber daya manusia dengan kemampuan pengoperasian perangkat teknologi informasi dan komunikasi. 

Berbeda dengan jurusan statistika pada perguruan tinggi pada umumnya, pengetahuan akan statistika terapan dan official statistics menjadikan lulusan Prodi D4 Komputasi Statistik memiliki kesiapan untuk bekerja pada lingkungan statistik pemerintahan. (K. Setia Widodo/*)

Read Next