logo

Beasiswa

Beasiswa Pendidikan Indonesia Sudah Dibuka

Beasiswa Pendidikan Indonesia Sudah Dibuka
Beasiswa Pendidikan Indonesia sudah dibuka. Beasiswa ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan perluasan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang diluncurkan melalui melalui Merdeka Belajar episode kesepuluh. (beasiswa.kemendikbud.go.id)
Bhakti Hariani, Beasiswa16 April, 2022 23:11 WIB

Eduwara.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia yang sudah dibuka. 

Beasiswa Pendidikan Indonesia merupakan tindak lanjut dari kebijakan perluasan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang diluncurkan melalui melalui Merdeka Belajar episode kesepuluh. 

“Saya mengajak semua pelajar, pendidik, serta pelaku budaya untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini,” ajak Menteri Nadiem dalam keterangan pers yang diterima redaksi Eduwara.com, Sabtu (16/4/2022).

Nadiem memaparkan, pada tahun 2022 ini, Beasiswa Pendidikan Indonesia akan diberikan kepada lebih dari 3.000 penerima beasiswa baru untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

“Kami akan terus meningkatkan jumlah penerima beasiswa dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang menerima manfaat dari Beasiswa Pendidikan Indonesia,” ujar Mendikbudristek. 

Perluasan beasiswa LPDP, lanjut Nadiem, memberikan kesempatan bagi peningkatan kapasitas melalui program gelar dan nongelar. Melalui program ini, pemanfaatan Dana Abadi Pendidikan yang dikelola oleh LPDP dapat menjangkau sasaran yang lebih luas, beragam, dan tepat sasaran. 

“Selain untuk pendidikan gelar, Beasiswa LPDP sekarang mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa, guru, dosen, dan tenaga kependidikan melalui program non degree atau yang biasa disebut sebagai program microcredential,” tutur Nadime. 

Terobosan yang dilakukan oleh Kemendikbudristek melalui program perluasan beasiswa LPDP adalah dengan mendobrak batasan-batasan dalam program beasiswa yang ada sebelumnya.

“Program ini tidak hanya diberikan untuk jenjang Pascasarjana, melainkan untuk mahasiwa jenjang S1, seniman, dan pelaku budaya pun bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi,” ujar Nadiem. 

Semua warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan dapat mengikuti Beasiswa Pendidikan Indonesia, terutama siswa dan mahasiswa berprestasi, guru, dosen, tenaga kependidikan, dan pelaku budaya. 

Kemendikbudristek juga selalu berkomitmen penuh untuk menjaga ketersediaan dana dan keberlangsungan program beasiswa ini demi mewujudkan cita-cita bersama, yakni SDM Unggul Indonesia Maju. 

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia dapat ditemukan di laman beasiswa.kemdikbud.go.id. 

Read Next