logo

Kampus

Prodi Ilmu Pemerintahan UMM Terbaik Versi Pemeringkatan SINTA

Prodi Ilmu Pemerintahan UMM Terbaik Versi Pemeringkatan SINTA
Kegiatan belajar-mengajar di Prodi IP UMM (UMM)
Fathul Muin, Kampus15 April, 2022 08:20 WIB

Eduwara.com, MALANG—Program studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil meraih peringkat pertama terkait kinerja publikasi untuk kategori strata satu bidang bidang tersebut berdasarkan  pemeringkatan Science and Technology Index (SINTA) 2022.

SINTA merupakan laman atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Laman ini merekam jumlah publikasi masing-masing institusi, sedangkan skor Sinta merupakan hasil dari akumulasi publikasi dan sitasi dosen dan mahasiswa yang terdata pada Scopus, Garuda, Google Scholar, dan WoS.

Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan UMM Muhammad Kamil, menilai capaian UMM merupakan implementasi dari kerja keras serta kolaboratif antara dosen dan mahasiswa.

Dia menilai, hasil ini merupakan buah dari dorongan dan motivasi prodi Ilmu Pemerintahan UMM agar para sivitas akademika memiliki artikel ilmiah yang terpublikasi dan dapat dibaca oleh publik.

"Hal serupa juga ditularkan para dosen kepada para mahasiswa melalui artikel luaran mata kuliah yang diarahkan untuk publikasi ilmiah. Utamanya jurnal dan prosiding nasional maupun Internasional," ucapnya, Kamis (14/04/2022).

Adanya kolaborasi dosen dan mahasiswa ini, kata dia, membuat karya artikel ilmiah menjadi lebih terarah dan memiliki kualitas yang baik karena ada pendampingan dari dosen yang disesuaikan dengan inti Ilmu Pemerintahan.

Dalam meningkatkan minat dan motivasi menulis karya ilmiah, pihaknya juga memberikan apresiasi berupa konversi ke mata kuliah serta skripsi. Terhitung, ada lebih dari 40 artikel jurnal mahasiswa yang sudah dikonversi menjadi skripsi. Jurnal-jurnal terkait tersebar di jurnal nasional terakreditasi SINTA 2 dan 3, prosiding terindeks scopus, jurnal internasional dan jurnal internasional bereputasi.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMM Muslimin Machmud, mengapresiasi prestasi Prodi Ilmu Pemerintahan. Dia mendorong prodi-prodi lain untuk mengikuti jejak baik Prodi Ilmu Pemerintahan, utamanya dalam hal kinerja publikasi ilmiah.

"Selamat atas raihan membanggakan yang sudah dicapai. Jangan mudah puas dan terus mengembangkan serta meningkatkan kualitas layanan pendidikan, publikasi ilmiah dan memberikan inovasi-inovasi bermanfaat lainnya," ucapnya.

Read Next