logo

Kampus

BEM PEM Akamigas Gelar Career Catalyst Day

BEM PEM Akamigas Gelar Career Catalyst Day
BEM PEM Akamigas menggelar kegiatan Career Catalyst Day (CCD), di Grha Oktana PEM Akamigas, Sabtu (18/5/2024). Mengusung tema ‘Empowering Your Professional Journey’, kegiatan tersebut menghadirkan dua pembicara, yaitu Bankeer, Public Speaker dan Educational Content Creator, Foiman Zega dan Consultant from Global Consultant Firm, Hanif Srisubaga Alim. (EDUWARA/Dok. PEM Akamigas)
Redaksi, Kampus21 Mei, 2024 06:23 WIB

Eduwara.com, BLORA – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas kembali menggelar kegiatan Career Catalyst Day (CCD). Mengusung tema ‘Empowering Your Professional Journey’, kegiatan tersebut dilaksanakan di Grha Oktana PEM Akamigas, Sabtu (18/5/2024).

CCD merupakan salah satu bekal bagi mahasiswa PEM Akamigas untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk seminar ini menghadirkan dua pembicara ahli, Bankeer, Public Speaker dan Educational Content Creator, Foiman Zega dan Consultant from Global Consultant Firm, Hanif Srisubaga Alim.

Wakil Direktur 2 PEM Akamigas, Ayende, dalam sambutannya, mengingatkan para mahasiswa PEM Akamigas untuk memanfaatkan CCD sebagai sebuah kesempatan baik untuk menata karir pada masa depan.

“Ini satu program yang bagus sekali, Anda bisa belajar membuat CV, memanfaatkan Linkedin sampai media sosial lainnya. Seperti juga Anda semua, saya dulu juga mengalani dan menjalani proses ini. Jadi tidak dulu maupun sekarang, softskill itu sangat penting. Manfaatkan kesempatan baik ini untuk merintis portofolio melalui media sosial,” kata Ayende, dalam rilis Senin (20/5/2024).

Mengawali materinya, Foiman Zega melontarkan serangkaian pertanyaan kepada para mahasiswa PEM Akamigas sebagai pemantik diskusi, seperti Siapa di sini yang ingin menjadi orang sukses? Mengapa masuk PEM Akamigas? Mengapa ambil jurusan ini? Setelah lulus mau kemana?

“Pertanyaan-pertanyaan ini harusnya sudah bisa terjawab sejak kalian menentukan masuk PEM Akamigas. Kalian sudah harus memetakan langkah karir yang akan kalian tempuh. Pas banget kalau kalian saat ini masih diawal kuliah, tingkat 1 atau 2. Buka medsos, update status dengan sesuatu yang bermanfaat, bangun personalbranding kalian melalui media sosial. Jejak digital ini akan sangat membantu kalian untuk mempercepat dapat kerja,” paparnya.

Foiman membagikan pengetahuan tentang kemampuan yang harus dikuasai oleh pencari kerja, berbagai hal yang harus dipersiapkan, kiat menghadapi wawancara hingga hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh pencari kerja pada saat mengikuti proses seleksi.

Media Sosial

Sedangkan Hanif Srisubaga Alim, dalam paparannya, mengingatkan para mahasiswa PEM Akamigas untuk memanfaatkan media sosial sebagai salah satu sarana untuk membuat CV menjadi lebih menarik.

“Linkedin adalah salah satu platform jaringan profesional online terbesar di dunia. Banyak perusahaan yang memanfaatkan linkedin ini sebagai alat perekrutan. Sebaliknya, linkedin ini juga bisa menjadi alat pencarian pekerjaan bagi penggunanya,” katanya.

Menurut Hanif, banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan Linkedin, di antaranya membuat branding melalui profil yang dapat dilihat semua orang, menciptakan dan mengembangkan jaringan dan koneksi ke berbagai bidang, bisa mendapatkan informasi tentang perusahaan dan juga mencari peluang karir baru. 

Sebelumnya, dalam laporan singkatnya, Wakil Presiden BEM PEM Akamigas, Yusup Guridno, mengatakan bahwa CCD yang seharusnya ditujukan untuk mahasiswa tingkat akhir akhirnya diubah peruntukannya bagi seluruh mahasiswa PEM Akamigas.

“Dengan berbagai pertimbangan, kami mengundang seluruh mahasiswa dari Tingkat 1-4 untuk ikut serta. Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua,” kata mahasiswa Program Studi Teknik Pengolahan Minyak dan Gas PEM Akamigas ini. (*)

Read Next