logo

Kampus

Dua Kampus di Yogyakarta Gelar Bursa Kerja untuk Mahasiswa dan Alumni

Dua Kampus di Yogyakarta Gelar Bursa Kerja untuk Mahasiswa dan Alumni
Sekolah Vokasi UGM menggelar bursa kerja bertajuk Career Days 2024 di Grha Sabha Pramana, Rabu-Kamis (15-16/5/2024), dengan melibatkan puluhan perusahaan nasional. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan mempertemukan perusahaan mitra dengan talenta muda, khususnya mahasiswa dan alumni yang akan segera terjun ke dunia kerja. (EDUWARA/Dok. UGM)
Setyono, Kampus15 Mei, 2024 19:45 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), dalam waktu yang bersamaan, menggelar bursa kerja dengan melibatkan puluhan perusahaan nasional. Bursa kerja ini diharapkan dapat menghadirkan peluang kerja bagi mahasiswa maupun para alumni.

Di UGM, bursa kerja yang berlangsung sejak Rabu (15/5/2024) sampai Kamis (16/5/2024) diselenggarakan oleh Sekolah Vokasi di Grha Sabha Pramana.

Dekan Sekolah Vokasi UGM, Agus Maryono, mengatakan kegiatan bursa kerja ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan mempertemukan perusahaan mitra dengan talenta muda, khususnya mahasiswa yang tentunya akan segera terjun ke dunia kerja.

“Sebanyak 38 mitra perusahaan dan lembaga pemerintah ikut berpartisipasi dalam Career Days 2024,” kata Agus Maryono, Rabu (15/5/2024).

Melalui bursa kerja ini, Sekolah Vokasi UGM ingin memberi pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa dan alumni terkait bidang pekerjaan yang sekarang dibutuhkan oleh perusahaan dan lembaga pemerintah seiring perubahan kompetensi.

“Bidang pekerjaan semakin bertambah, tidak berarti penyerapan tenaga kerja juga meningkat. Tantangan ini menjadi landasan utama bagi Sekolah Vokasi UGM untuk menjembatani antara perusahaan dengan mahasiswa,” katanya.

Dipaparkan Agus, jalinan kerja sama antara Sekolah Vokasi UGM dengan mitra perusahaan semakin memudahkan alumni mendapat pekerjaan setelah lulus dari bangku perkuliahan.

“Kami catat alumni Sekolah Vokasi UGM itu, rata-rata maksimal mendapat pekerjaan rentang waktunya hanya empat bulan. Bahkan kalau dalam kurun waktu tersebut belum mendapat pekerjaan, maka bisa kami carikan melalui mitra-mitra perusahaan kami,” ujarnya.

Peluang Karir

Sedangkan UAJY menyelenggarakan bursa kerja mulai Selasa (14/5/2024) dan berakhir Rabu (15/5/2024). Sebanyak 23 perusahaan skala nasional terlibat dan menawarkan berbagai peluang karir bagi para pencari kerja.

Wakil Rektor III UAJY, Yosef Daryanto, menyampaikan pentingnya acara ini dalam menjembatani lulusan dengan dunia kerja.

"Job Fair ini merupakan wadah yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan alumni untuk bertemu langsung dengan perusahaan, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam menghadapi persaingan di dunia kerja," ujarnya.

Berbagai perusahaan yang berpartisipasi dalam Job Fair ini berasal dari sektor industri yang beragam, mulai dari teknologi informasi, perbankan, manufaktur, sehingga perusahaan FMGC. Perusahaan tersebut di antaranya Indomarco, Wings, Indomaret Group, OT, Mayora, ACC, dan lainnya.

Dengan diadakannya Job Fair ini, UAJY berharap dapat membantu meningkatkan angka penyerapan lulusan ke dunia kerja serta mendukung perusahaan dalam menemukan talenta-talenta muda yang siap berkarya.

Read Next