logo

Kampus

Beri Kuliah Umum di Universitas Trisakti, Airlangga Hartarto Tegaskan Pentingnya Sektor Pendidikan

Beri Kuliah Umum di Universitas Trisakti, Airlangga Hartarto Tegaskan Pentingnya Sektor Pendidikan
Beri Kuliah Umum di Universitas Trisakti, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Tegaskan Pentingnya Sektor Pendidikan (Kemenko Perekonomian)
Bunga NurSY, Kampus27 April, 2022 13:27 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan modal utama dalam mencapai tujuan pembangunan nasional. Upaya itu ditempuh antara lain melalui pendidikan dan digitalisasi.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya pada Kuliah Umum yang berjudul Akselerasi Pemulihan Dan Transformasi Ekonomi Melalui Pembangunan SDM yang Adaptif dan Berdaya Saing di Universitas Trisakti, Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Dia menambahkan, pemerintah juga terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia, dimana pada tahun 2022 telah dialokasikan anggaran bagi sektor pendidikan yang mencapai Rp542,8 Triliun.

Menurutnya, kualitas SDM yang mumpuni tentunya akan dapat menyiapkan bangsa menghadapi berbagai tantangan yang muncul, mulai dari pandemi Covid-19, perubahan iklim, kenaikan inflasi global yang dinilai akan memicu normalisasi suku bunga di negara maju, serta ketegangan geopolitik Rusia dan Ukraina.

“Dengan berbagai tantangan yang terjadi, kita tetap memandang perekonomian Indonesia di tahun 2022 ini secara optimis. Indonesia telah memiliki landasan yang baik dimana ekonomi berhasil tumbuh sebesar 3,7% (yoy) pada tahun 2021,” ujar Airlangga seperti dikutip dari situs resmi Kemenko Perekonomian, Rabu (26/4/2022). 

Airlangga melanjutkan, di samping melalui pendidikan, Indonesia dengan jumlah penduduk usia produktif yang mencapai lebih dari 191 juta orang diharapkan dapat mengoptimalkan peluang digitalisasi di berbagai sektor. 

Apalagi, tambahnya, saat ini telah muncul gelombang teknologi baru seperti jaringan 5G, Internet of Things, blockchain, artificial intelligence, dan cloud computing yang dapat di manfaatkan lebih lagi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

Selain menyampaikan kuliah umum di Universitas Trisakti, pada kesempatan tersebut Airlangga juga menyerahkan bantuan untuk empat Keluarga Pejuang Reformasi. Diketahui hampir 24 tahun silam, tepatnya pada pada bulan Mei 1998 terjadi tragedi yang merenggut nyawa empat mahasiswa Universitas Trisakti.

“Kegiatan hari ini tidak hanya dalam rangka mengenang empat anak muda yang sahid untuk menggulirkan reformasi di negeri ini, tetapi juga untuk menjaga semangat mereka dalam mencapai cita-cita bangsa Indonesia untuk kesejahteraan yang berkeadilan. Semoga kita semua dapat meneruskan perjuangan mereka, dan membawa Indonesia melewati setiap tantangan bangsa untuk menuju Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya.

Read Next