logo

Kampus

Bertemakan Ibu, Puisi Mahasiswi UMBY Ini Juara Nasional

Bertemakan Ibu, Puisi Mahasiswi UMBY Ini Juara Nasional
Puisi berjudul ‘Sajak Cinta Sang Bunda’ karya Verra Arischa Kustantina dinobatkan sebagai puisi terbaik di ajang Menulis Puisi Nasional yang diadakan Komunitas Indonesia Menulis. (UMBY )
Setyono, Kampus22 September, 2022 15:14 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Puisi berjudul ‘Sajak Cinta Sang Bunda’ karya Verra Arischa Kustantina dinobatkan sebagai puisi terbaik di ajang Menulis Puisi Nasional yang diadakan Komunitas Indonesia Menulis. 

Sebelumnya, karya mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berhasil masuk dalam 53 besar puisi terbaik yang dibukukan dengan judul ‘Anakku Kebanggaanku’ oleh Litera Pustaka. 

Dalam rilis yang diterima Eduwara.com, Kamis (22/9/2022), prestasi Verra dalam dunia puisi mulai bersinar terang saat menjadi Juara Harapan 1 Lomba Menulis Artikel Populer Nasional dan Lolos Nulis Puisi Bareng Kick Andy.


“Puisi berjudul Sajak Cinta Sang Bunda ini menceritakan kasih sayang seorang Ibu kepada anaknya. Seorang Ibu yang terharu dengan pertumbuhan anaknya hingga beranjak dewasa, dari semula sering menangis hingga menjadi sosok hebat kebanggaan sang Ibunda,” katanya.

Ajang Menulis Puisi Nasional Indonesia Menulis diselenggarakan Juni 2022. Setelah melalui rangkaian seleksi, hanya 53 puisi saja yang lolos dibukukan pada bulan Agustus 2022. Setelah puisi dibukukan, tim Komunitas Indonesia Menulis kemudian menyeleksi 3 puisi terbaik dan terpilihlah Verra sebagai Juara 1. 

“Menjadi kebanggaan, karena hingga masa studi berakhir program studi Pendidikan Matematika UMBY benar-benar mendukung, mengapresiasi, dan memfasilitasi setiap event lomba yang diselenggarakan oleh institusi lain baik nasional maupun internasional,” ungkap Verra.

Kaprodi Pendidikan Matematika UMBY Nafida Hetty Marhaeni mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada Verra, mahasiswa yang tetap berprestasi hingga masa studi berakhir dan diwisuda Oktober 2022. 

Hal ini sesuai dengan dua bait dalam puisi Verra yakni Gadis mungil dalam gendongan semakin besar sekarang, dengan gelar sarjana terselempang

Verra berhasil mengalahkan puluhan puisi lain karya guru, dosen, dan penyair lain dari kalangan bukan mahasiswa. 

“Bahkan, saya sendiri juga lolos 53 besar namun tidak juara, tetapi saya bangga karena mahasiswa saya menjadi juaranya. Semoga ada regenerasi Verra selanjutnya yang akan melanjutkan prestasi Verra di program studi Pendidikan Matematika UMBY ini,” ungkap Nafida Hetty Marhaeni.

Read Next