logo

Sekolah Kita

Kuatkan Jati Diri, Siswa Kelas VIII MTsN 2 Sragen Ikuti Kemah Motivasi

Kuatkan Jati Diri, Siswa Kelas VIII MTsN 2 Sragen Ikuti Kemah Motivasi
Kemah Motivasi yang diikuti seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Sragen. (EDUWARA/Dok. Kemenag Sragen)
Redaksi, Sekolah Kita19 Desember, 2022 21:25 WIB

Eduwara.com, SRAGEN – Mengakhiri kegiatan belajar mengajar (KBM) semester gasal tahun pelajaran 2022/2023, seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Sragen, mengikuti perkemahan di Bumi Perkemahan Al Amin, Ngargoyoso, Karanganyar. Kegiatan yang bertema “Kemah Motivasi” itu dilaksanakan pada Kamis-Sabtu (15-17/12/2022) lalu.

Kemah tersebut bertujuan menyegarkan siswa setelah melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS). Selain itu, juga akan dilaksanakan pelantikaan dan pengukuhan Dewan Kerja Pramuka (DKP) MTs N 2Sragen Tahun 2022/2023.

Peserta kemah didampingi sekitar 20 guru yang bertindak sebagai pembina Pramuka. Dalam apel pemberangkatan Kepala Madrasah, Aris Suparlan mengatakan bahwa Pramuka adalah jiwa-jiwa pemberani, jujur, bertanggung jawab, dan rajin bekerja. Untuk itu peserta Pramuka harus siap berbaur dengan alam sekaligus siap menghadapi tantangan alam.

"Tujuan kalian berkemah ini ada dua hal. Yang pertama, kalian akan melakukan tadabur alam, mengagumi ciptaan Allah yang begitu indah dan luar biasa. Kedua, kemah akan meningkatkan motivasi kalian agar menjadi siswa yang lebih baik, disiplin, dan mampu bekerja sama serta bersosialisasi dengan teman, dengan kakak pembina, dan alam sekitar," kata Aris Suparlan seperti dilansir Eduwara.com, Senin (19/12/2022), dari laman Kemenag Sragen.

Selanjutnya, Aris berpesan agar para peserta kemah bisa membawa diri dengan baik di tempat asing. Peserta diimbau agar hati-hati dengan ucapan dan perbuatan di tempat asing.

"Berkata yang baik, berbuat yang baik, dan pandai membawa diri. Semoga kalian dan seluruh kakak pembina diberi kesehatan, kelancaran dan selalu  dalam lindungan Allah Swt menjalani seluruh kegiatan dari awal hingga akhir,” pesan dia.

Meskipun sempat diguyur hujan, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat siswa dalam mejalani aktivitas di lokasi Buper Al Amin. Upacara pembukaan kemah yang dipimpin oleh Wakamad bidang Kesiswaan sekaligus Pembina Utama Pramuka MTsN 2 Sragen, Sadi Saksono berlangsung tertib dan hikmat.

Malam harinya, dilaksanakan pelantikan pengurus Dewan Kerja Pramuka (DKP). Dalam pelantikan itu DKP juga mengucap janji untuk melaksanakan kepengurusan dengan penuh tanggung jawab dan bersungguh-sungguh. Dengan begitu akan semakin kukuh dan solid tim Pramuka Madrasah Tsanawiyah Dua Tanon (Pramadista). (K. Setia Widodo/*)

Read Next