logo

Sekolah Kita

Mahasiswa Asistensi Mengajar Unisri Solo Kolaborasi Pentas Seni dengan Siswa SMPN 3 Kebakkramat

Mahasiswa Asistensi Mengajar Unisri Solo Kolaborasi Pentas Seni dengan Siswa SMPN 3 Kebakkramat
Pentas seni kolaborasi mahasiswa asistensi mengajar Unisri Solo dengan siswa SMPN 3 Kebakkramat. (SMPN 3 Kebakkramat)
Redaksi, Sekolah Kita20 Desember, 2022 15:42 WIB

Eduwara.com, KARANGANYAR – Kelompok mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo yang tergabung dalam Asistensi Mengajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Kebakkramat, Karanganyar berkolaborasi dengan siswa mengadakan Pentas Seni di halaman sekolah pada Jumat (16/12/2022) lalu.

Salah seorang mahasiwa Asistensi Mengajar Unisri Solo Muhammad Syirojuddin menuturkan gelaran pentas seni bertujuan menyegarkan kembali semangat siswa setelah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS).

“Jadi pentas seni juga untuk senang-senang antara siswa dan mahasiwa. Kemudian acara ini sekaligus menjadi perpisahan mahasiswa asistensi SMPN 3 Kebakkramat,” ujar dia kepada Eduwara.com, Sabtu (17/12/2022) melalui saluran telepon Whatsapp.

Persiapan acara, sambung Juddin, tidak membutuhkan waktu yang lama. Tetapi sepekan sebelumnya pihak mahasiswa berkonsultasi dengan kepala sekolah. Pihak sekolah pun menyambut baik dan mendukung acara tersebut. Pihaknya juga meminta bantuan pengurus OSIS untuk menjadi panitia.

Acara dimulai pukul 07.30 hingga 10.00 WIB. Dalam kesempatan itu, siswa menampilkan senam, dan puisi, sedangkan mahasiswa asistensi menampilkan akustik.

“Kami tidak memaksa semua siswa untuk tampil, sehingga yang berminat saja. Tapi seluruh siswa berpartisipasi dengan menonton, ada yang ikut menyumbang lagu juga,” ujar dia yang juga mahasiswa Pendidikan Teknologi dan Informasi (TIK) itu.

Mengingat pelaksanaa asistensi mengajar Unisri Solo telah selesai, Judin berharap agar para siswa SMPN 3 Kebakkramat semakin kreatif serta guru semakin solid. “Pokoknya SMPN 3 Kebakkramat semakin jaya,” harap dia.

Bendahara OSIS SMPN 3 Kebakkramat Ivan Jaman Aditya Krisanto juga ikut tampil dalam senam bersama. Dalam kesempatan itu, dia bersenam dengan pengurus OSIS lainnya. Ivan mengaku tidak ada kendala selama pelaksanaan, acara itu juga menjadi ajang hiburan bagi seluruh warga sekolah.

Lebih lanjut, Kepala Sekolah SMPN 3 Kebakkramat Purwanto Joko Wahyudi merasa puas dan bangga atas terselenggaranya pentas seni. Hal tersebut juga diamini Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan, Dwi Sumanti. “Melalui pentas seni, kreatifitas para siswa akan semakin terasah,” ungkap dia.

Sementara itu, Wakasek Bidang Sarana Prasarana, Setyabudi Narwanto berharap kegiatan pentas seni tidak hanya dilaksanakan sekali. Namun di jeda semester tahun pelajaran berikutnya juga diagendakan untuk kegiatan serupa sehingga bakat dan minat siswa bisa meningkat. (K. Setia Widodo)

Read Next