logo

Kampus

BRIN Jalin Kesepakatan dengan IT PLN untuk Kerjasama Pendidikan & Riset

BRIN Jalin Kesepakatan dengan IT PLN untuk Kerjasama Pendidikan & Riset
BRIN Jalin Kesepakatan dengan IT PLN untuk Kerjasama Pendidikan & Riset (BRIN)
Bunga NurSY, Kampus10 Februari, 2022 06:00 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Institut Teknologi PLN untuk pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Kolaborasi ini diwujudlkan dengan penandatanganan nota kesepahaman kedua belah pihak secara daring, Selasa (08/02/2022). Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Plt. Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Iptek BRIN Edy Giri Rachman Putra dan Rektor IT PLN Iwa Garniwa Mulyana.

Nota Kesepahaman kedua belah pihak tersebut meliputi pendidikan, penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan invensi dan inovasi, pengabdian kepada masyarakat serta Pemanfaatan fasilitas sarana dan prasarana.

Edy Giri menyampaikan kolaborasi ini selaras dengan program pengembangan manajemen talenta riset dan inovasi dari BRIN.

Dia menambahkan, pada akhir Januari 2022, BRIN mengintegrasikan unit litbang di lembaga penelitian dan kementerian sehingga saat ini di BRIN mencakup keseluruhan riset hard science, ilmu alam, teknik enginering, ilmu sosial budaya, agama, nuklir sampai dengan antariksa. 

“Hal ini akan menjadi sebuah kesempatan yang baik untuk kita kolaborasikan dengan perguruan tinggi karena di dalammnya menyelenggarakan Tri Dharma yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” katanya seperti dikutip dari situs resmi BRIN, Rabu (09/02/2022).

Kebijakan pemerintah untuk penyelenggaran pendidikan progam Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, menurut Edy Giri, akan lebih menguatkan BRIN kedepan untuk kolaborasi di bidang riset dengan perguruan tinggi. 

“BRIN memiliki 12 Organisasi Riset salah satunya Organisasi Riset Energi dan Manufaktur dengan Pusat Riset Konversi Energi sangat sesuai dengan spesifik keilmuan yang dikembangkan di IT PLN selain dengan Pusat Riset lainnya terkait riset PLN,” tambahnya.

Dia menjelaskan, skema lainnya, yakni kegiatan talent mobility (mobilitas riset), hibah grant yang bisa dimanfaatkan kampus untuk kegiatan riset dan untuk dukungan kegiatan penelitian karena kampus merupakan talent pool generasi muda.

“Isu yang menarik bahwa teknologi energi dan kelistrikan menjadi perhatian bagaimana kedepan menyediakan energi baru dan terbarukan. Perguruan tinggi sebagai entitas pengembangan keilmuan dan BRIN tempat pengembangan riset akan melakukan kolaborasi dalam rangka memberikan sumbangsih terhadap kekekalan energi,” ungkapnya.

Sementara itu, Iwa Garniwa Mulyana mengatakan, Institut Teknologi PLN merupakan salah satu perguruan tinggi swasta berada dibawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam hal ini PLN.

Iwa menambahkan, pendirian IT PLN mengarah kepada induknya yaitu PLN untuk menunjang riset penelitian terapan, dan diharapkan dapat berpartisipasi di BRIN atau sebaliknya. 

Dia berharap, Institut Teknologi PLN bisa kontribusi terhadap pengembangan di BRIN terutama bidang penelitian, khususnya terkait ruang lingkup kerja sama ini meliputi peningkatan dan pengembangan kompetisi SDM yang dicanangkan oleh Kemdikbud tentang program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Read Next