logo

Kampus

Pers Jadi Pilar Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Pers Jadi Pilar Tingkatkan Kualitas Pendidikan
Rektor UMM Fauzan pada suatu kegiatan.
Fathul Muin, Kampus10 Februari, 2022 02:25 WIB

Eduwara.com, MALANG — Pers harus dan akan tetap menjadi salah satu pilar dalam meningkatkan kualitas pembangunan, termasuk di bidang pendidikan.

Demikian penilaian Rektor UMM, Fauzan, terkait kinerja pers dalam rangka Hari Pers Nasional, Rabu (9/2/2022). "Kontribusi pers yang kontennya berkualitas dapat menjadi penopang terbangunnya peradaban bangsa yang luhur," katanya.

Namun, kata Fauzan, untuk memenuhi kondisi ideal itu, pers harus kembali pada jati dirinya, yakni objektif, bertanggung jawab, dan edukatif. Oleh karena itu, perlu komitmen yang tinggi dari insan pers untuk menegakkan kejujuran dalam pemberitaan.

Syarat lain yang harus dipenuhi pers agar dapat menjalankan peran tersebut, menurut Fauzan, adalah perusahaan media dan wartawan harus kompeten. Karena itu, pengembangan kapasitas wartawan lewat pendidikan dan pelatihan harus terus dilakukan tanpa henti. 

Intinya, mengasah pengetahuan dan pengalaman bagi wartawan menjadi keniscayaan untuk dapat berkontribusi dalam perannya, meningkatkan kualitas pembangunan, termasuk di bidang pendidikan.

Read Next