logo

Kampus

Catat, UTBK di UNPY Yogyakarta Hanya Soshum dan Saintek

Catat, UTBK di UNPY Yogyakarta Hanya Soshum dan Saintek
Tahun ini UPN Veteran Yogyakarta tidak menyelenggarakan tes UTBK CAMPURAN, melainkan hanya SOSHUM dan SAINTEK saja. (EDUWARA/Dok. UPN Yogyakarta)
Setyono, Kampus30 April, 2022 20:58 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Tahun ini Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPN Yogyakarta) hanya menyelenggarakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) hanya untuk mata pelajaran Soshum dan Saintek. Tahun lalu, penyelenggaraan UTBK di kampus UPN Yogyakarta untuk mata kuliah campuran.

Hal ini disampaikan Koordinator Teknologi Informasi Komputasi (Kortik) UTBK 2022 di UPN Yogyakarta Rifki Indra Perwira dalam rilis, Sabtu (30/4/2022). UTBK di kampus ini diselenggarakan serentak sesuai jadwal nasional yaitu pada Mei 2022.

"Tahun ini, UTBK untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), kami menjadi salah satu tempat pelaksanaan. Persiapan sampai saat ini sudah mencapai 95 persen dan sesuai rencana serta timeline panitia," katanya.

Matangnya persiapan yang dilakukan UPN Yogyakarta ini, menurutnya, berdasarkan pada uji coba UTBK yang diselenggarakan pada 28 April 2022. Namun untuk pengecekan akhir, akan dilakukan tim pusat menjelang pelaksanaan UTBK terkait dengan kondisi tempat, sarana prasarana dan perangkat.

Seusai informasi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), jumlah peserta yang akan mengikuti UTBK 2022 di UPN sebanyak 3.728 peserta. Jumlah ini menurun dibandingkan dengan tahun lalu.

"Tahun ini UPN Yogyakarta menyediakan 4.760 kursi sedangkan yang terisi hanya 3.728 kursi (78,32 persen)," ungkap Rifki Indra.

Guna pelaksanaan UTBK 2022, UPN Yogyakarta telah menyediakan 11 ruangan dan Laboratorium Komputer di Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Teknik Industri. Seluruh ruangan akan terbagi dengan komposisi sembilan ruangan di Teknik Informatika dan dua ruangan di Teknik Industri. Seluruhnya berlokasi di Kampus 2 UPN Veteran Yogyakarta, Babarsari Tambakbayan.

Terkait syarat mengikuti UTBK 2022 di UPN Veteran Yogyakarta, Indra menuturkan persyaratannya masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Persyaratan UTBK 2022 di UPN Veteran Yogyakarta masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, seperti sudah memiliki akun LTMPT, WNI, Siswa SMA/MA/SMK/sederajat, lulusan tahun 2020, 2021, 2022, dan tentu saat pelaksanaan tes harus dalam kondisi sehat dan masih tetap menjunjung tinggi protokol kesehatan," bebernya.

Rifki Indra juga menegaskan tahun ini UPN Veteran Yogyakarta tidak menyelenggarakan tes UTBK CAMPURAN, melainkan hanya SOSHUM dan SAINTEK saja. Rektorat dan seluruh warga UPN Yogyakarta berharap pelaksanaan UTBK 2022 berjalan dengan lancar dan para peserta dapat diterima di PTN pilihan masing-masing. 

Read Next