logo

Kampus

Delapan Dosen UMBY Raih Sertifikasi Bidang Artificial Intelligence

Delapan Dosen UMBY Raih Sertifikasi Bidang Artificial Intelligence
Delapan dosen Prodi Informatika dan Prodi Informasi Fakultas Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dinyatakan lulus dalam pelatihan internasional bidang Artificial Intelligence (AI). Kedelapan dosen ini berhak akan sertifikasi internasional dan berhak menyandang gelar Microsoft Certified Fundamentals (MCF). (EDUWARA/Dok. UMBY)
Setyono, Kampus30 Maret, 2023 17:24 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Delapan dosen Prodi Informatika dan Prodi Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (FTI UMBY) dinyatakan lulus dalam pelatihan internasional bidang Artificial Intelligence (AI).

Kedelapan dosen ini berhak akan sertifikasi internasional dan berhak menyandang gelar Microsoft Certified Fundamentals (MCF).

Mereka yang mengikuti pelatihan dan dinyatakan lulus terdiri dari Anief Fauzan Rozi, Putri Taqwa Prasetyaningrum, A Sidiq Purnomo, Irfan Pratama, Putry Wahyu Setyaningsih, Mutaqin Akbar, Imam Suharjo, dan Arita Witanti.

Mewakili rekan-rekannya, Anief Fauzan Rozi lewat rilis Kamis (30/3/2023) mengatakan pelatihan MCF dilaksanakan online melalui Microsoft Times selama tiga hari mulai 6-8 Maret 2023.

"Ujian akhir dilaksanakan 9 Maret 2023 dengan skor minimal 700/1000 untuk dinyatakan lulus. Terdapat empat kompetensi yang diujikan dan disertifikasi antara lain, Dasar-dasar AI, Dasar-dasar Machine Learning, Dasar-dasar Computer Vision dan Natural Language Processing," jelasnya.

Microsoft Certified Fundamental (MCF) merupakan sertifikasi dari Microsoft untuk meningkatkan penilaian dan kredibilitas di bidang Artificial Intelligence (AI), peserta yang lulus sertifikasi akan mendapatkan pengakuan dan gelar profesional di bidang IT.

Sertifikasi MCF ini berskala internasional sehingga dapat membuka peluang dengan skala lebih luas, baik lokal maupun global. Keuntungan lainnya, peserta mendapatkan materi mengenai kecerdasan buatan, data science dan cloud computing.

"Setelah menyelesaikan ujian, akan diberikan digital badge atau lencana sebagai bukti kelulusan sertifikasi untuk meningkatkan kredibilitas secara online," terang Anief.

Aniefa juga menjelaskan sebelum mengikuti tes, peserta mendapatkan training terlebih dahulu mengenai beberapa contoh kasus yang berkaitan dengan dasar-dasar AI dan implementasinya menggunakan Microsoft Azure

Rektor UMBY Agus Slamet, mengatakan bertambahnya gelar Microsoft Certified Fundamental (MCF) pada delapan orang dosen FTI ini haruslah diimbangi dengan pembelajaran yang berkualitas sehingga lulusan FTI lebih berkompeten di bidangnya.

Read Next