logo

Kampus

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNBP Empat PTN Yogyakarta, UGM Terbanyak UIN Sunan Kalijaga Paling Sedikit

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNBP Empat PTN Yogyakarta, UGM Terbanyak UIN Sunan Kalijaga Paling Sedikit
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) (EDUWARA/Dok. UGM)
Setyono, Kampus29 Maret, 2023 17:34 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Universitas Gadjah Mada (UGM) masih menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Yogyakarta penerima terbanyak calon mahasiswa baru lewat Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) yang diumumkan Selasa (28/3) sore kemarin. Total calon mahasiswa baru yang diterima di empat PTN Yogyakarta tahun ini sebanyak 5.167 orang.

Dari rilis yang disampaikan Rabu (29/3/2023), UGM menerima sebanyak 2.802 calon mahasiswa baru SNBP. UGM dalam proses seleksi ini menjadi PTN kedua terbanyak yang diminati menurut panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, Senin (27/3). UGM diminati 25.954 pendaftar, dan sebanyak 2.802 dinyatakan lolos menjadi mahasiswa baru.

"Saat ini kami tengah menyusun data mengenai jumlah yang diterima di masing-masing fakultas," kata Kepala Humas UGM Dina Widyaputri Kariodimedjo.

Sementara tempat kedua PTN terbanyak yang menerima dari jalur SNBP yaitu UNY dengan menerima 1.404 mahasiswa baru dari total 14.401 pendaftar yang menempatkan kampus ini sebagai pilihan pertama.

"Tahun ini UNY menempati posisi 16 besar PTN dengan pendaftar terbanyak di SNBP. Dari 1.404 yang diterima, sebanyak 401 calon mahasiswa adalah peserta KIP-K," kata Kepala Unit Admisi UNY Setya Raharja

Program studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik UNY menjadi salah satu dari 20 prodi dengan persaingan terketat dengan keketatan 1,61 persen.

Animo peminat tertinggi jalur SNBP UNY ada di prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan peminat 2.350 berdaya tampung 48 mahasiswa, sedangkan animo terkecil pada prodi S1 Pendidikan Teknik Elektronika dengan peminat 25 berdaya tampung 8 mahasiswa.

Kebanjiran Peminat

Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Veteran Yogyakarta, Suharsono mengatakan pada tahun ini UPN Veteran Yogyakarta menerima 1.053 orang calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus SNBP. Mereka merupakan calon mahasiswa berprestasi yang bersaing dengan 10.044 peserta lain yang mendaftar.

"Tahun ini ada tiga prodi yang kebanjiran peminat lewat jalur SNBP yaitu Program Studi Teknik Pertambangan, Program Studi Manajemen dan Program Studi Komunikasi," jelasnya.

Secara keseluruhan UPNV Yogyakarta akan menerima 5.310 mahasiswa baru tahun ini. Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu jalur SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri (SM).

Jalur SM di UPN Veteran Yogyakarta terbagi melalui tiga jalur, di antaranya Penerimaan Jalur Prestasi (PJP) , Nilai Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) 2023, dan Jalur Bela Negara.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi PTN yang paling sedikit menerima calon mahasiswa baru dari SNBP 2023. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Sunan Kalijaga Iswandi Syahputra mengatakan berdasarkan keputusan Rektor, tahun ini UIN Sunan Kalijaga menerima sebanyak 385 mahasiswa baru dari SNBP.

"Jumlah itu dengan rincian yang diterima pilihan pertama sebanyak 350 orang dan diterima pilihan kedua sebanyak 8 orang," katanya.

UIN Sunan Kalijaga juga telah menjadwalkan pelaksanaan UTBK-SNBT yang pendaftarannya dibuka mulai 23 Maret – 14 April 2023. Kemudian pelaksanaan UTBK-SNBT dilaksanakan dua kali pada 8-14 Mei dan 22-28 Mei 2023.

Pada pola penerimaan melalui jalur SNBT, UIN Sunan Kalijaga menyediakan 901 kursi untuk diperebutkan calon mahasiswa pada 17 program studi umum.

"Kami menyediakan 50 persen total kuota penerimaan maba lewat di jalur ini. Setiap pendaftar diwajibkan memiliki akun SNPMB dan peserta dikenakan biaya sebesar Rp 200.000 untuk mengikuti UTBK," lanjut Iswandi.

Read Next