logo

Sekolah Kita

Dengan Canva, Komed Ajari 99 Guru DIY Membuat Poster

Dengan Canva, Komed Ajari 99 Guru DIY Membuat Poster
Komunitas Media Pembelajaran (Komed) menyelenggarakan Workshop Pembuatan Poster untuk guru-guru di DIY. Pembukaan workshop diselenggarakan secara tatap muka di Aula Yudhistira SLB 1 Bantul, Sabtu (29/1/2022), sedangkan pelatihan akan digelar secara online hingga Jumat (4/1/2022). (EDUWARA/Dok. Komed)
Setyono, Sekolah Kita31 Januari, 2022 18:19 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Sebanyak 99 guru dari berbagai jenjang di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama lima hari ke depan oleh Komunitas Media Pembelajaran (Komed) diajak berlatih membuat poster dengan aplikasi Canva.

Dibuka pada Sabtu (29/1/2022), pembukaan workshop pembuatan poster diselenggarakan secara tatap muka di Aula Yudhistira SLB 1 Bantul, dan selanjutnya pelatihan akan digelar secara online hingga Jumat (4/1/2022).

Ketua Komed Korwil DIY Suyanto mengatakan terselenggaranya pelatihan ini untuk mengajak guru membuat media pembelajaran dengan poster, yang akhirnya bisa diajukan untuk mendapatkan Penilaian Angka Kredit (PAK).

"Komed merupakan Komunitas Guru dan Media Pembelajaran. Kami menjadi wadah belajar bagi guru-guru untuk berkarya menghasilkan media pembelajaran berkualitas dan sebagai tempat meningkatkan kualitas guru melalui berbagai aktivitas serta pengayaan," jelasnya dalam rilis yang diterima Eduwara.com, Senin (31/1/2022).

Berdiri sejak 2015, menurut Suyanto, Komed sudah hadir di Jabodebek, Banten, Bandung, Banten, dan Malang. Mereka melakukan aktivitas pembelajaran secara mandiri. Sampai hari ini, mereka membuka kesempatan bagi relawan yang ingin membuka Komed di wilayah lain.

"Selama pandemi kemarin, kegiatan pembelajaran mandiri tetap berlangsung dengan lebih memaksimalkan teknologi sebagai media pembelajaran," jelasnya.

Sebagai pembicara pelatihan, Komed menghadirkan dua narasumber yaitu Sekretaris Komed DIY Titin Mulyaningsih dan Pj. Pengembangan SDM DIY, Purwanti Setyawati.

Dalam paparannya, Titin menjelaskan bahwa Canva adalah sebuah tools untuk desain grafis yang menjembatani penggunanya agar mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online.

"Untuk dapat sign-up pengguna harus memiliki Gmail. Pengerjaannya harus tersambung ke internet. Pemakai android harus mengunduh aplikasi melalui playstore, sedangkan jika menggunakan PC/laptop dapat langsung menggunakannya," jelas Titin.

Langkah membuat desain menggunakan Canva seterusnya adalah memilih sesuai kebutuhan di icon yang tersedia, memilih demo dan jenis desain, memilih gambar yang akan digunakan, desain sesuai keinginan baik secara teks maupun animasi.

"Canva for Education memberi keleluasaan pengguna. Sedangkan Canva Pro pilihan fiturnya lebih beragam," jelasnya.

Karya Inovatif

Pemateri kedua, Purwanti Setyawati lebih fokus menjelaskan Canva untuk membuat poster yang bisa digunakan untuk penilaian saat pengajuan PAK. Menurutnya, poster termasuk kategori karya inovatif yang bisa dinilai sebagai karya seni dan alat pelajaran.

"Sesuai buku empat halaman 48, karya seni adalah hasil budaya manusia yang merefleksikan nilai-nilai dan gagasan manusia yang diekspresikan secara estetik dalam berbagai medium seperti rupa, gerak, bunyi dan kata yang bersifat transendental dan edukatif baik spiritual maupun intelektual bagi manusia dan kemanusiaan secara individual maupun kolektif," jelasnya.

Menurut Purwanti, sebagai sebuah karya seni harus dinilai, laporan deskripsi proses kreatif penciptaan, keterangan identitas pencipta yang disahkan kepala sekolah. Kemudian ada pernyataan kebenaran keaslian dan kepemilikan karya, dan minimal telah dipamerkan minimal tingkat kabupaten.

Sutanto, guru Seni Budaya MTsN 3 Bantul, merasa senang bisa ikut workshop yang diadakan oleh Komed Korwil DIY tersebut. Baginya tak ada kata terlambat untuk selalu mengupdate diri belajar dan terus belajar. 

"Meski usia sudah tidak muda lagi, namun saya masih bersemangat membuka wawasan dan belajar bersama yang muda," katanya.

Read Next