logo

Kampus

Di Society Petroleum Engineer, UGM Borong Lima Juara

Di Society Petroleum Engineer, UGM Borong Lima Juara
Dua tim mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang berlaga di ‘Society Petroleum Engineer’ (SPE) University of Petroleum and Energy Studies (UPES) Dehradun, India, berhasil memborong lima juara lomba paper competition dan poster competition. Dengan perolehan lima prestasi tersebut, tim berhasil membawa UGM menjadi runner up di ajang UPES SPE Fest India 2022. (EDUWARA/Humas UGM)
Setyono, Kampus19 Maret, 2022 22:30 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Dua tim mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memborong lima juara lomba paper competition dan poster competition ‘Society Petroleum Engineer’ (SPE) University of Petroleum and Energy Studies (UPES) Dehradun, India.

Kompetisi internasional ini bertema pengolahan minyak dan gas di sektor upstream dan downstream. "Kompetisi ini diikuti menampilkan peserta finalis yang berasal dari undergraduates dan postgraduate students," terang Sasa Aulia, mewakili kedua tim, Sabtu (19/3/2022).

Dua tim UGM yang berlaga di kompetisi itu beranggotakan Sasa Aulia (Teknik Fisika 2020), Enyca Aidina, dan Felix Arion (Teknik Sipil 2020). Mereka mewakili tim pertama yang membawa tiga juara, yaitu Juara 1 International Poster Competition subtheme: Exploration & Unconventional Resources, Juara 3 International Paper Competition subtheme: Drilling, dan Juara 3 International Poster Competition subtheme: Cleaner Fuels.

Tim kedua yang beranggotakan Sasa Aulia, Enyca Aidina, dan Khoirunnasi Rudin (Teknik Fisika 2020) berhasil membawa dua juara, Juara 2 International Paper Competition subtheme: Petrochemical dan Juara 2 International Poster Competition subtheme: Petrochemical.

"UPES SPE Fest 2022 terdiri dari 17 sub-kegiatan lomba, kami mengikuti lomba paper techuminati dan poster virtuoso. Kompetisi dimulai dengan abstract submission pada 15 Januari 2022 dan Final Presentation para finalis pada 18-20 Februari 2022," lanjut Sasa.

Ia memaparkan lomba paper techumniati merupakan lomba presentasi makalah teknis yang melibatkan penyusunan tinjauan teknis atau makalah penelitian. Ini menampung beberapa panel seperti reservoir, pengeboran, produksi, pemurnian dan petrokimia, HSE, ladang minyak digital, manajemen data E&P, desain proses, dan sumber daya energi non-konvensional.

"Peserta diminta untuk mengajukan abstrak terlebih dahulu, kemudian mereka akan diundang untuk mempresentasikan idenya di depan panel yang terhormat," katanya.

Sedangkan lomba poster virtuoso merupakan kompetisi presentasi poster unggulan UPES SPE Fest 2022. Para peserta memamerkan pengetahuan teknis mereka dalam bentuk poster. Hal ini menampung beberapa panel seperti pengeboran, reservoir, pemurnian, bahan bakar lebih bersih, HSSE, dan manajemen. Penilaian akan didasarkan pada konten teknis poster dan kemampuan penyampaian presentasi.

Dengan perolehan lima prestasi tersebut, Sasa dan tim berhasil membawa UGM menjadi runnerup di ajang UPES SPE Fest India 2022.

"Inovasi-inovasi yang kami ajukan adalah teknologi pengolahan minyak dan gas bahkan hingga pengolahan limbah minyak dan gas yang tetap menerapkan era transisi energi, sehingga saat prosesnya dapat meminimalisir dampak yang bahaya bagi lingkungan sekitar," ujar Sasa.

Sasa dan tim berharap, dengan prestasi ini dapat memotivasi teman-teman semua agar tidak takut untuk mengajukan inovasi-inovasinya di perlombaan internasional demi membawa nama UGM dan Indonesia ke dunia internasional.

Read Next