logo

Kampus

Dies Natalis ke-72 UI, Mengabdi untuk Kemandirian Bangsa

Dies Natalis ke-72 UI, Mengabdi untuk Kemandirian Bangsa
Rektor UI Ari Kuncoro bersama Sekretaris Universitas Agustin Kusumayanti beserta para wakil rektor melakukan pemotongan tumpeng dalam rangka Dies Natalis ke-72 UI (EDUWARA/Humas UI)
Bhakti Hariani, Kampus03 Februari, 2022 01:31 WIB

Eduwara.com, DEPOK – Pada Dies Natalis ke-72, Rabu (2/2/2022), Universitas Indonesia (UI) bertekad mewujudkan visinya menjadi entrepreneurial university. UI juga akan terus mengabdi untuk kemandirian bangsa.

Dalam perayaan Dies Natalis ke-72 UI ini, Rektor UI Ari Kuncoro mengapresiasi dedikasi yang luar biasa dari warga UI maupun para alumni yakni berupa sumbangsih nyata bagi Indonesia. 

“Saat ini, UI yang semula merupakan traditional mission university, bergerak menuju entrepreneurial university. Hal itu ditandai dengan koneksi antara pendidikan, penelitian dengan inovasi, dan kewirausahaan. Struktur integral yang menghubungkan ketiga unsur tersebut ditujukan untuk menanamkan budaya inovasi dan kewirausahaan dalam pendidikan dan penelitian,” ujar Ari dalam siaran pers pidato Dies Natalis ke-72 Universitas Indonesia, Rabu (2/2/2022) yang digelar secara hybrid. 

Pada perayaan Dies Natalis kali ini, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI) Teten Masduki menyampaikan orasi dalam sidang terbuka. Teten berharap UI dengan visi entrepreneurial university dapat memperkuat hubungan antara pendidikan, penelitian, inovasi dan kewirausahaan. 

Menurut Teten, UI memiliki visi yang sejalan dengan semangat dan prioritas Kemenkop UKM RI tahun 2022, yaitu meningkatkan rasio kewirausahaan Indonesia, sehingga menciptakan pekerjaan kelas menengah baru, menambah jumlah usaha kecil dan menengah agar struktur ekonomi menjadi lebih kokoh serta rasio kewirausahaan dapat mencapai 3,95 persen pada tahun 2024.

Selaku Menteri Kemenkop UKM RI, Teten mengajak Universitas Indonesia untuk memperkuat kolaborasi menjadi jembatan UMKM dalam berinovasi dan beradaptasi dengan teknologi, agar UMKM dapat naik kelas dan mendunia. Selain itu, ia juga menyampaikan selamat kepada UI atas prestasinya dalam memberikan sumbangsih besar bagi inovasi, paten dan kewirusahaan Indonesia. Teten berharap, UI dapat melahirkan tokoh-tokoh pembaharu untuk mewujudkan kemandirian bangsa.

Dalam peringatan Dies Natalis ke-72 ini, Rektor UI Ari Kuncoro meresmikan peluncuran pembangunan dan pengembangan kembali Klinik Satelit Universitas Indonesia di Kampus Salemba. Pada awal tahun 2020, UI memulai renovasi dan mengubah fungsi eks Gedung Optoelektronika di Kampus Salemba untuk menjadi Klinik Satelit UI Salemba yang representatif. 

Keberadaan Klinik Satelit ini akan membuat warga UI di Kampus Salemba dapat menikmati layanan kesehatan terbaik, termasuk wahana kesehatan primer untuk pendidikan dan penelitian. 

Perayaan Dies Natalis ke-72 UI dihadiri secara daring oleh Ketua Majelis Wali Amanat Saleh Husin, Ketua Senat Akademik Universitas Nachrowi Djalal, Dewan Guru Besar Harkristuti Harkrisnowo, para Dekan, Direktur Sekolah, Direktur Program Pendidikan Vokasi, Ketua Umum ILUNI UI, para dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa UI. 

Read Next