logo

EduBocil

Ditjen Kebudayaan Luncurkan KILA 2022

Ditjen Kebudayaan Luncurkan KILA 2022
Peluncuran KILA 2022 oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Rabu (9/3/2022). (Youtube Budaya Saya)
Redaksi, EduBocil09 Maret, 2022 19:15 WIB

Eduwara.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjen Kebudayaan) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) kembali meluncurkan Program Kita Cinta Lagu Anak Indonesia (KILA). Peluncuran itu bertepatan dengan Hari Musik Nasional dan disiarkan langsung melalui Youtube Budaya Saya, Rabu (9/3/2022).

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi, Nadiem Anwar Makarim mengatakan lagu dan musik adalah media pendidikan karakter yang bisa dimanfaatkan di rumah maupun sekolah.

"Hal itu yang menjadikan pelaksanaan KILA yang ketiga ini, kami membawa pesan perilaku berbudaya anak Indonesia dengan fokus pada pendidikan karakter dan anti perundungan," kata Nadiem.

Melalui karya-karya yang dihasilkan program itu, anak-anak saling berbagi pesan baik tentang sikap tenggang rasa, saling menghargai, dan rasa cinta terhadap perbedaan.

Nadiem mengajak seluruh guru dan orang tua untuk mengajak anak dan peserta didik berpartisipasi KILA 2022. "Kalah menang bukanlah soal. Yang terpenting berani untuk mencoba dan tampil," pungkas dia.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid menuturkan program KILA berfokus pada pengembangan lagu anak yang bisa menemani pertumbuhan anak secara utuh. "Program ini bertujuan membangun semangat persaudaraan, saling menghargai, dan cinta perbedaan di antara anak-anak," jelas dia.

Lebih lanjut, program KILA 2022 memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pelaksanaannya. Hilmar berharap persebaran musik hasil pemenang lomba tahun 2021 bisa menambah kecintaan anak-anak terhadap lagu anak Indonesia.

Pendaftaran KILA 2022 dimulai 9 Maret 2022 hingga 15 Mei 2022. Program tersebut dibagi menjadi tiga lomba yakni:

1. Lomba menyanyi lagu anak dan daerah untuk kelompok usia 5-7 tahun serta 8-13 tahun.

2. Lomba cipta lagu anak untuk kelompok usia 5-7 tahun serta 8-13 tahun.

3. Lomba aransemen lagu tema KILA.

Bagi yang tertarik mengikuti KILA 2022, bisa mengakses laman web www.kilaindonesia.id untuk informasi lebih lanjut. (K. Setia Widodo)

Read Next